Aug 20, 2019 @ 23:03
Saham

Investasi Mudah dengan Cara Menabung Saham di BEI

Investasi Mudah dengan Menabung Saham di BEI
107Views

Istilah menabung saham ini mungkin masih asing bagi banyak orang. Banyak orang sering membayangkan hal ini seperti proses menabung di bank tapi menggunakan surat saham. Bayangan seperti inilah yang membuat banyak orang masih mempertanyakan bagaimana cara menabung saham.

Sebenarnya ungkapan menabung saham diciptakan oleh BEI (Bursa Efek Indonesia) sebagai kampanye untuk mengajak masyarakat untuk investasi. Proses investasi yang ditawarkan ini berupa pembelian saham secara berkala layaknya menabung di bank. Buruknya sosialisasi ini dalam kampanye ini membuat hal tersebut tidak berhasil. Hanya sedikit orang yang mengerti tentang cara menabung saham yang sebenarnya.

Nah, jika Anda ingin belajar, Anda cukup mengikuti langkah – langkah di bawah ini

  1. Mendaftar ke Perusahaan Sekuritas

Cara menabung saham dimulai dengan mendaftarkan diri Anda ke perusahaan sekuritas. Untuk ikut program dari BEI, Anda harus memilih perusahaan yang terdaftar sebagai partner YukNabungSaham (YNS). Untuk info sekuritas yang terdaftar, Anda bisa cek pada website YukNabungSaham.

Untuk keperluan mendaftar, Anda lebih baik pilih yang ada di dekat lokasi domisili Anda. Banyak perusahaan sekuritas menawarkan pelayanan online, tapi untuk pemula hal ini tidak disarankan. Sebagai pemula, Anda lebih baik datang langsung untuk bertanya sekaligus mencari penjelasan saat mendaftar.

Persyaratan mendaftar yang biasanya dibutuhkan adalah

  • Fotokopi KTP
  • Fotokopi NPWP
  • Fotokopi halaman depan buku tabungan
  • 2 buah materai 6 ribu Rupiah

Sebetulnya cara menabung saham ini tidak ada restriksi khusus. Siswa yang belum memiliki pendapatan sendiri bahkan bisa bergabung. Untuk hal ini, persyaratan NPWP bisa menggunakan milik orang tua atau wali.

  1. Membuka Rekening Saham

Setelah proses mendaftar selesai, sekarang Anda akan diminta untuk mengisi formulir pembukaan rekening saham. Rekening ini bisa dianggap sama seperti rekening tabungan yang biasa.

  1. Mengisi Saldo Rekening Saham

Cara menabung saham yang berikutnya adalah mengisi rekening yang baru dibuka tersebut. Pengisian uang ini juga menandakan bahwa Anda yakin untuk melakukan investasi. Untuk para pemula, Anda bisa mengambil jumlah investasi yang kecil. Investasi paling kecil yang ditawarkan adalah 100 ribu Rupiah saja. Beban ini tentu tidak begitu berat jika dibandingkan investasi di luar program YNS. Biasanya biaya investasi awal bisa mencapai jutaan Rupiah.

  1. Memilih Saham Untuk Investasi

Setelah mengisi rekening saham, sekarang Anda bisa memilih saham yang akan dibeli. Pilihan ini bersifat bebas, jadi jika Anda sudah menentukan pilihan saham, Anda langsung meminta pada perusahaan sekuritas untuk mengurusnya.

Namun, jika Anda adalah seorang pemula yang masih ragu – ragu, Anda bisa melakukan konsultasi dengan perusahaan sekuritas. Perusahaan ini akan merekomendasikan saham yang paling menguntungkan bagi Anda menurut tingkat suku bunganya.

  1. Isi Dana Saldo Rekening Secara Rutin

Setelah semua selesai, Anda tinggal secara rutin mengisi saldo rekening saham ini. Return dari investasi model ini akan datang setiap tahun. Jadi selama Anda terus mengisi saldo rekening saham Anda, keuntungan yang didapat akan makin besar.

Rate pendapatan dari investasi ini biasanya lebih tinggi dari bunga deposito. Jika Anda memiliki tabungan lebih, sangat disarankan untuk ikut program YNS ini. Selain cara menabung saham tergolong mudah, biaya awal untuk memulai juga cukup ringan. Ayo tunggu apa lagi dan mulailah berinvestasi saham mulai dari sekarang.