Aug 20, 2019 @ 6:19
Uang

Mau Jual Uang Lama Indonesia? Ini Cara Menjual Uang Kuno

Mau Jual Uang Lama Indonesia?
59Views

Uang Kuno Indonesia

Bagaimana cara menjual uang kuno? Apakah Anda memiliki uang kuno Indonesia? Jika ya, maka jangan buang uang kuno Anda. Beberapa orang diketahui menyimpan uang lama untuk koleksi. Tetapi beberapa lainnya sengaja menyimpannya karena meyakini jika suatu saat uang lama akan memiliki nilai lebih tinggi dibanding nilai aslinya.

Memang benar, ternyata uang kuno tertentu memiliki nilai jual tinggi. Uang lama khususnya yang dikeluarkan pada tahun 1990-an harganya melejit secara drastis. Uang cetakan lama yang dulu kerap dianggap remeh, sekarang malah memiliki harga yang bisa membuat siapa saja tergoda dan berharap memilikinya di rumah. Jadi tunggu apalagi? Bersihkan rumah Anda karena siapa tahu ada pecahan uang kuno yang bisa Anda jual.

Cara Menjual Uang Kuno

Perlu Anda tahu beberapa uang lama Indonesia dibandrol mahal. Mulai dari puluhan ribu, ratusan ribu, bahkan hingga ratusan juta rupiah. Jika Anda punya uang lama yang tengah dicari seperti 1000 Gulden misalnya, maka Anda bisa langsung panen uang.

Beberapa pecahan uang lama yang dirilis tahun 1990-an seperti uang 500 rupiah dengan gambar orang utan juga dibandrol mahal. Lantas, bagaimana cara menjual uang lama Indonesia? Berikut beberapa diantaranya:

1.             Menjual Uang Kuno Secara Langsung

Cara menjual uang kuno pertama bisa dilakukan secara langsung. Dimana penjual dan calon pembeli akan bertatap muka untuk melakukan transaksi. Cara ini adalah cara terbaik karena minim resiko penipuan. Anda pun bisa bertransaksi dengan leluasa.

Adapun pembeli yang bisa menjadi target Anda bisa personal ataupun bukan. Pembeli personal biasanya mereka para kolektor uang kuno. Bagi Anda yang berkesempatan bertemu dengan kolektor, maka manfaatkan sebaik mungkin. Saat seorang kolektor mengincar suatu produk yang dicari biasanya mereka tidak sungkan untuk membayar tinggi.

Sementara itu, Anda juga bisa menjual uang kuno di toko-toko yang melayani kegiatan jual beli uang kuno di Indonesia. Seperti yang terdapat di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, dan Medan. Di Jakarta Anda bisa menemukan toko jual beli uang kuno di kawasan pasar baru, sedangkan di Bandung ada di daerah galeri seni.

2.             Menjual Uang Kuno Secara Online

Perkembangan teknologi internet sekarang juga bisa Anda manfaatkan untuk menjual uang kuno yang dimiliki. Beberapa situs ecommerce diketahui menyediakan spot tersendiri untuk transaksi ini. Ada juga beberapa website komersial lain yang menawarkan kegiatan jual beli serupa.

Cara menjual uang kuno secara online tidak salah untuk dicoba. Hanya saja Anda harus lebih waspada dan selektif memilih calon pembeli. Pasalnya transaksi melalui dunia maya berisiko pada terjadinya penipuan.

Untuk cara kedua ini biasanya Anda diharuskan mengunggah foto dari uang kuno yang akan dijual. Berikan deskripsi singkat dan jelas mengenai uang kuno Indonesia Anda. Mengenai seberapa cepat uang koin Anda bisa laku terjual cukup relatif. Jika uang koin Anda tengah diincar para kolektor tentu bisa jadi tidak harus menunggu lama. Anda pun bisa menawarkan harga tinggi dengan mempertimbangkan harga jual di pasaran.

Demikian beberapa cara yang bisa Anda pilih untuk menjual uang kuno Indonesia. Pilih cara terbaik dan pastikan Anda bertemu dengan calon penjual potensial. Tawarkan harga yang memang pantas. Agar tidak salah mematok harga tidak salah jika melakukan survey sebelumnya seperlu mengetahui harga di pasaran. Sekian dan semoga sukses dengan cara menjual uang kuno yang Anda pilih.