Aug 20, 2019 @ 6:19
Uang

2 Cara Transfer Uang Lewat HP, Bisa SMS atau Aplikasi

Cara Transfer Uang Lewat HP, SMS atau Aplikasi
33Views

Transfer Uang Via HP

Cara transfer uang lewat hp ditawarkan sebagai solusi mudah berkirim uang melalui ponsel. Pasalnya beberapa lembaga keuangan seperti bank kini memastikan sejumlah layanan perbankan bisa dilakukan tanpa harus berdiri dari tempat duduk Anda. Salah satunya layanan transfer uang via hp. Singkatnya, Anda bisa berkirim uang berapa pun jumlah nominalnya secara mudah menggunakan smartphone di genggaman.

Secara umum cara transfer uang via hp bisa dilakukan dengan berkirim SMS atau menggunakan aplikasi ponsel. Dimana transfer uang yang dimaksud bisa dilakukan untuk berkirim ke rekening bank yang sama atau antar bank berbeda. Berikut penjelasan lebih lengkapnya:

  1. Transfer Uang Via SMS

Cara transfer uang lewat hp pertama bisa melalui berkirim SMS atau pesan singkat. Untuk mengirim uang via SMS Anda perlu mengirimkan format SMS yang berlaku. Dalam hal ini setiap lembaga keuangan memiliki format SMS berbeda. Format untuk mengirim uang ke bank yang sama dengan beda bank pun juga tak sama. Sebagai contoh ada bank BNI yang melayani layanan transfer uang via SMS melalui nomor call center BNI 3346.

Untuk menikmati layanan perbankan transfer melalui SMS biasanya nasabah akan dikenai biaya per satu kali SMS. Biaya yang dibebankan cukup beragam dan berbeda antara bank yang satu dengan lainnya. Karenanya pastikan pulsa Anda mencukupi sebelum melakukan transaksi.

Kelebihan cara pertama ini Anda bisa menggunakan ponsel jenis apapun untuk bertransaksi. Meski menggunakan hp symbian atau ponsel jadul, proses tetap bisa dilakukan. Hanya saja memang ada nominal pulsa yang harus diberikan untuk transaksi. Kekurangan lainnya ada format SMS yang harus dihafal. Karena jika format salah, maka transaksi tidak bisa dilanjutkan. Adapun yang perlu Anda tahu untuk bisa menikmati layanan perbankan lain Anda juga harus mengetahui format SMS yang berlaku di lembaga keuangan atau bank yang Anda ikuti.

  1. Transfer Uang Via Aplikasi

Cara kedua adalah menggunakan aplikasi. Aplikasi yang dimaksud mencakup aplikasi berbasis Android atau iOS yang biasanya bisa didapat secara gratis dari market. Anda bisa mengunduh aplikasi bank tertentu lalu menginstallnya pada perangkat smartphone yang digunakan.

Selesai instalasi, Anda bisa langsung membuka aplikasi. Pada percobaan pertama biasanya Anda akan diminta untuk memasukkan identitas diri. Hal ini bertujuan untuk menghubungkan Anda dengan akun atau nomer rekening yang sudah terdaftar di bank yang terpilih. Lakukan pendaftaran sesuai tahapan yang sudah disediakan untuk bisa menikmati berbagai layanan dalam aplikasi.

Di era smartphone sekarang ini, cara transfer uang via aplikasi dirasa lebih mudah dan praktis. Risiko akan kesalahan atau kegagalan pun bisa lebih ditekan. Karena Anda hanya perlu membuka aplikasi, memilih menu transfer, lalu mengikuti sejumlah langkah yang sudah diarahkan otomatis. Menggunakan aplikasi biasanya Anda juga mendapat pilihan untuk menikmati layanan perbankan lain. Misalnya saja informasi, pembayaran, pembelian, e commerce, dan lainnya. Sehingga lebih simpel tanpa harus menuliskan format tertentu seperti halnya cara transfer uang via SMS.

Demikian beberapa cara mengirim uang menggunakan hp. Perkembangan teknologi dan internet sekali lagi telah memberi kemudahan dalam menjalankan aktivitas harian. Dimana jika jaman dulu orang harus pergi ke bank untuk melakukan transaksi, kini Anda bisa melakukannya dimana saja cukup dengan menggoyangkan jari. Bagaimana, cara transfer uang lewat hp apa yang paling mudah menurut Anda?