Aug 20, 2019 @ 5:01
Uang

4 Cara Transfer Uang ke Luar Negeri yang Aman dan Efektif

Cara Transfer Uang ke Luar Negeri yang Aman
41Views

Cara Transfer Uang ke Luar Negeri

Di era globalisasi ini cara transfer uang ke luar negeri termasuk informasi dasar yang perlu diketahui. Mengapa demikian? Karena tidak mungkin Anda akan melakukan transaksi yang melibatkan orang dari negara lain. Transaksi uang antar negara ini pun sudah sering dilakukan. Misalnya saat TKI yang bekerja di luar negeri akan mengirim uang kepada keluarga, saat Anda belanja produk online dari luar negeri, dan lain sebagainya.

Bila Anda menjalankan bisnis online, tentu kegiatan keuangan ini akan sering dilakukan. Adapun saat usaha online Anda berkembang dan mesti memasok produk dari luar negeri, transfer uang ke luar negeri pun menjadi hal yang harus Anda lakukan. Oleh sebab itu, berikut beberapa cara mengirim uang ke luar negeri yang bisa Anda coba:

  1. Transfer Antar Bank

Cara transfer uang ke luar negeri pertama adalah transfer antar bank. Beberapa lembaga keuangan atau bank memberikan layanan transfer antar bank. Salah satunya transfer online ke rekening bank penerima di luar negeri. Hanya saja untuk bisa memanfaatkan cara ini ada biaya administrasi yang akan dibebankan pada pengirim. Besar biaya administrasi antara bank yang satu dengan bank lain cukup berbeda bergantung intuisi, perutean, dan nomor rekening.

Untuk mengirim uang dalam nominal kecil, beberapa bank juga memiliki fasilitas program remittance. Contohnya ada Bank of America yang memberikan pelayanan bertransaksi transfer uang ke beberapa negara lain tanpa tarif administrasi. Meski demikian selaku pengirim Anda tetap harus melihat nilai tukar mata uang yang berlaku.

  1. Transfer Kawat

Cara lain yang bisa dipilih adalah transfer kawat. Melalui cara ini kegiatan mengirim uang bisa dilakukan secara langsung. Hanya saja Anda perlu mengisi formulir yang dibutuhkan sebagai syarat pengiriman uang. Dimana ada biaya administrasi yang mesti dibayar. Cara kedua ini lebih direkomendasikan karena terbilang aman. Pasalnya pengiriman berlangsung dengan tawaran perlindungan.

  1. Kartu Kredit Prabayar

Cara transfer uang ke luar negeri berikutnya bisa menggunakan kartu kredit prabayar. Perlu Anda tahu jenis kartu kredit prabayar biasanya digunakan dalam transaksi pembelian, baik biaya aktivasi ataupun biaya pembelian. Namun, selain itu Anda juga bisa memanfaatkannya untuk mengirim uang ke luar negeri. Dalam hal ini Anda selaku pengirim perlu memiliki kartu debit prabayar dengan dana tunai. Di sisi lain penerima bisa melakukan tarik tunai menggunakan kartu kredit prabayar.

  1. Transfer Tunai ke Kas

Saat harus mengirim uang ke luar negeri dalam jumlah besar dan berwujud uang tunai, maka Anda bisa memanfaatkan cara keempat ini. Yakni memanfaatkan layanan pusat transfer uang dalam negeri seperti Western Union atau lainnya agar bisa mengirim uang sesuai nominal yang akan Anda kirim. Uang tersebut nantinya akan dikirimkan ke pusat transfer uang internasional.

Uang yang berhasil dikirim selanjutnya akan disimpan di pusat transfer uang internasional. Dimana uang akan dikonversikan ke mata uang negara tujuan sesuai kurs yang berlaku di pasar. Selanjutnya uang itu bisa diambil oleh penerima.

Dengan beberapa cara di atas, tentu kini Anda tidak perlu lagi bingung bagaimana cara mengirim uang ke luar negeri. Meski harus mengirim uang dalam jumlah besar, sekiranya tetap aman. Akan lebih aman jika Anda selalu teliti dan berhati-hati supaya terhindar dari hal-hal yang tidak diharapkan. Sekian dan semoga ulasan tentang cara transfer uang ke luar negeri kali ini bermanfaat.