Sep 22, 2019 @ 14:14
Uang

7 Cara Mendapatkan Modal Usaha Dengan Mudah

7 Cara Mendapatkan Modal Usaha Dengan Mudah
60Views

Ketika berencana untuk membangun sebuah usaha sendiri, hal yang terpikir pertama kali ialah bagaimana cara mendapatkan modal usaha. Modal merupakan faktor terpenting untuk membuka sebuah usaha. Tanpa adanya modal, tentunya usaha yang Anda rencanakan tinggal mimpi. Besaran modalnya sendiri tergantung dari jenis bisnis yang ingin dibangun. Jika usaha yang dibangun merupakan toko kelontong, tentu modal yang dibutuhkan lebih besar jika dibandingkan dengan usaha jual pulsa elektrik.

Perlu Anda ketahui, untuk mencari modal bisnis sebenarnya tidak terlalu sulit jika dibandingkan tahun-tahun lalu yang hanya bisa melalui bank saja. Namun kini ada banyak cara mendapatkan modal usaha dengan mudah yang bisa Anda lakuan, seperti berikut ini :

  1. Pinjam Modal dari Bank Dengan Agunan

Bank merupakan tempat yang pertama kali dituju calon pengusaha yang memerlukan modal usaha. Hal ini dikarenakan, biasanya perusahaan perbankan mengadakan program pinjaman bernama KMG (Kredit Multi Guna) yang mana Anda dapat memberikan jumlah agunan/jaminan seperti kendaraan bermotor atau aset properti di bank. Biasanya bunga pinjaman yang ditawarkan sekitar 9-12 % dengan tenor mulai dari 5-20 tahun, menyesuaikan jumlah pinjamannya.

  1. Pinjaman Tanpa Agunan dari Bank

Selain pinjaman dengan jaminan, Anda juga dapat meminjam uang ke pihak perbankan tanpa agunan/jaminan. Pinjaman ini biasanya banyak dipilih oleh pencari modal sebab Anda tetap mendapatkan pinjaman walaupun tanpa jaminan apapun. Dengan bunga yang lebih besar dibandingkan KMG, yakni sekitar 10-23%. Jadi, disarankan untuk memilih tenor cicilan lebih singkat.

  1. Menggunakan Tabungan Sendiri

Cara mendapatkan modal usaha paling simpel tentu dengan memakai tabungan sendiri, jika ada tentunya. Ada banyak keuntungan jika Anda mengambil modal usaha dari tabungan, di antaranya Anda lebih bebas dari bunga, dan tentu tidak memerlukan prosedur yang sulit untuk mendapatkan modal usaha.

  1. Menggadaikan Aset

Jika Anda masih menyayangi aset tapi butuh untuk modal usaha, kenapa tidak mencoba menggadaikan aset Anda saja ke Pegadaian? Cara yang satu ini sangat menguntungkan sebab Anda tetap mendapatkan modal usaha, sedangkan aset Anda tetap utuh. Namun ingat, Anda harus bisa menebusnya kembali sebab jika tidak aset kesayangan Anda langsung disita oleh Pegadaian. Padahal harga dari hasil gadai tersebut tak seberapa jika dibandingkan dengan harga aset Anda jika dijual.

  1. Joint Venture

Anda dapat mengajak saudara atau teman untuk membuka bisnis bersama dengan cara patungan modal. Biasanya modal usaha joint venture ini akan menguntungkan sebab pekerjaan dan modal usaha akan dibagi rata termasuk dalam hal membagi kerugian. Akan tetapi, lakukan perjanjian secara tertulis mengenai pembagian hasil usaha antara Anda bersama partner Anda, hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya konflik di masa mendatang.

  1. Menjual Aset

Jika Anda mempunyai aset yang tak terlalu dibutuhkan, seperti kendaraan bermotor, emas maupun investasi lainnya, maka Anda bisa mencoba menjual aset tersebut untuk mendapatkan modal usaha. Dan jika usaha Anda sukses, maka Anda dapat membeli aset tersebut yang sudah dijual sebelumnya dengan pilihan yang lebih baik.

  1. Mengikuti Pelatihan

Cara mendapatkan modal usaha dengan mudah lainnya ialah dengan mendapatkan modal dari lembaga pemberdayaan ekonomi. Umumnya lembaga-lembaga tersebut sering melakukan pelatihan, workshop, atau training yang dapat Anda ikuti. Lalu sesudah training, Anda pun akan mendapatkan informasi mengenai akses mendapatkan modal usaha.

Itulah 7 cara mendapatkan modal usaha yang mudah dan cepat saat merencanakan membangun sebuah usaha. Semoga bermanfaat!