Sep 22, 2019 @ 14:01
Uang

7 Cara Usaha Kecil Kecilan di Desa Dengan Baik

7 Cara Usaha Kecil Kecilan di Desa Dengan Baik
336Views

Cara usaha kecil kecilan di desa supaya cepat untung dan laris tentu harus disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi masyarakat di lingkungan sekitar. Seperti kita ketahui, kebanyakan wilayah di Indonesia terdiri dari wilayah pedesaan. Tapi bagi masyarakat pedesaan itu sendiri tak menganggap apabila peluang usaha di pedesaan dapat mendatangkan keuntungan yang besar, sehingga tak perlu jauh-jauh pergi merantau ke Jakarta/Ibukota. Bagi Anda yang membangun bisnis di area pedesaan, ada tips-tips jitu untuk menjalankan usaha kecil-kecilan di desa, sebagai berikut :

  1. Tentukan Apa Jenis Usaha yang Ingin Dibuka

Menentukan dan memilih jenis usaha apa yang hendak dibuka tentu merupakan langkah awal yang bisa dilakukan untuk menjalankan usaha kecil-kecilan. Dalam hal ini sebaiknya lakukan tes pasar terlebih dulu untuk mengetahui apa saja jenis usaha yang memberikan prospek menjanjikan atau mempunyai tingkat penyerapan konsumen lebih tinggi.

  1. Persiapkan Modal

Cara usaha kecil kecilan di desa berikutnya ialah Anda harus mempersiapkan modal. Anda tak perlu khawatir, sebab modal yang dibutuhkan tidak sebanyak modal usaha di daerah perkotaan. Dalam hal ini Anda dapat memulai bisnis rumahan terlebih dulu yang membutuhkan modal sangat minim, namun lebih mudah dikelola dan dijalankan di kemudian hari. Ada banyak bisnis kecil-kecilan di desa yang bisa memberikan keuntungan berlimpah. Adapun yang harus dilakukan di sini ialah membuat perhitungan besaran modal yang dibutuhkan untuk menjalankan usaha tersebut. Kalkulasi tersebut penting peranannya agar Anda tak kebingungan suatu saat nanti sebab Anda sudah mengetahui berapa besaran modal yang dibutuhkan untuk membangun bisnis tersebut.

  1. Pilih Lokasi dan Tempat yang Tepat

Hal yang tak kalah pentingnya saat mendirikan usaha kecil ialah menentukan tempat atau lokasi usaha. Hal tersebut penting sekali sebab tempat merupakan faktor yang berpengaruh terhadap larisnya produk yang Anda jual. Tempat tidak selalu harus menyewa lokasi atau bangunan tertentu, tapi juga bisa dengan mempersiapkan ruangan kosong yang ada di rumah Anda, seperti halaman depan rumah. Tinggal di lingkungan pedesaan sebenarnya cenderung lebih fleksibal daripada mempersiapkan usaha di area perkotaan, karena persaingannya sudah begitu tinggi.

  1. Penawaran Menarik

Supaya produk Anda cepat laris di pasaran, maka Anda harus bisa memberikan penawaran yang menarik untuk para konsumen. Adapun penawaran menarik tersebut bisa dilakukan dengan memberikan diskon atau harga promo, memberikan bonus pada produk-produk tertentu, memberikan program buy 1 get one, dan lain sebagainya.

  1. Pelayanan Terbaik Bagi Konsumen

Cara usaha kecil kecilan di desa berikutnya ialah dengan memberikan servis atau pelayanan yang baik bagi konsumen. Usahakan untuk selalu melayani customer dengan cepat, ramah, serta memuaskan, sehingga konsumen tersebut tertarik menjadi salah satu pelanggan tetap usaha Anda.

  1. Rencanakan Alur Bisnis Dengan Baik

Semua usaha bisa menjadi sukses, jika sudah direncanakan dengan maksimal di awalnya, baik itu dari sisi modal maupun keuangan, SDM yang memadai, dengan teknik marketing yang jitu, manajemen keuangan yang baik, dan lain sebagainya tentu bisa menghasilkan keuntungan sesuai harapan. Semua perencanaan tersebut sebaiknya dilakukan sebelum membuka bisnis Anda.

  1. Membentuk Koneksi yang Baik

Ketika membuka sebuah usaha baru di area pedesaan, sebaiknya buka relasi pribadi bersama para konsumen. Ini bisa menambah keuntungan tersendiri bagi Anda. Jika Anda memberikan sapaan kepada konsumen secara langsung, lebih bersemangat, dan selalu bersikap ramah pada siapa saja yang berkunjung, maka usaha yang Anda jalankan pun bisa lebih positif. Sebab sikap positif yang ditampilkan bisa menjadi promosi terbaik bagi usaha Anda.

Nah, itulah 7 poin penting mengenai cara usaha kecil kecilan di desa dengan baik. Semoga bermanfaat!

Sumber : http://zonakaya.com/7-cara-usaha-kecil-kecilan-di-desa/

Sumber : https://dosenekonomi.com/bisnis/tips-bisnis/cara-usaha-kecil-kecilan-di-desa