Jul 17, 2019 @ 13:29
Bitcoin

Apa Itu Bitcoin dan Cara Mendapatkannya Bagaimana? Ini Jawabannya!

Apa Itu Bitcoin dan Cara Mendapatkannya?
26Views

Mengenal Bitcoin

Apa itu Bitcoin dan cara mendapatkannya bagaimana? Kedua pertanyaan ini wajib Anda tahu jawabannya sebagai informasi dasar. Apalagi setelah Anda mantap memutuskan untuk investasi Bitcoin. Investasi jenis ini mungkin belum cukup familiar namun sekarang mulai biasa dilakukan. Malah ada kesempatan panen untung besar bagi Anda yang tahu rahasia sukses investasi Bitcoin.

Sebelumnya, perlu Anda tahu bahwa Bitcoin atau BTC bisa diartikan sebagai sistem kas transaksi global yang sudah terdesentralisasi. Singkatnya BTC merupakan uang virtual atau digital yang tidak berwujud secara fisik namun penggunaannya legal. Uang virtual Bitcoin pun kini semakin marak digunakan. Penggunaannya sendiri cukup banyak mulai dari game, pembayaran online, trading, dan lain sebagainya.

Pada awalnya Bitcoin diciptakan oleh Satoshi Nakamoto. Uang digital ini bersifat open manner dengan kode pemrograman yang bisa dilihat dan di cek oleh siapa saja di mana saja. Sehingga sangat transparan. Selanjutnya ada beberapa hal yang perlu Anda tahu mengenai Bitcoin, yaitu:

  • Harga Bitcoin Mudah Berubah

Harga Bitcoin tidaklah tetap, melainkan berubah-ubah. Perubahan pun bisa terjadi tanpa disadari. Dimana hal tersebut berlangsung cukup singkat yang disebabkan kondisi pasar yang memang tidak tetap.

Bagi Anda yang menerima pembayaran dalam bentuk Bitcoin mungkin tergoda untuk menyimpannya sampai berjumlah banyak. Namun, sebaiknya jangan lakukan hal tersebut. Pasalnya Bitcoin Anda berisiko hilang. Karenanya jika memungkinkan setelah memiliki beberapa jumlah Bitcoin sebaiknya Anda segera mengambil atau menukarnya dengan mata uang lokal.

  • Pembayaran Bitcoin Tidak Bisa Dibatalkan

Transaksi pembayaran yang Anda lakukan dengan Bitcoin tidak bisa dibatalkan. Dimana dana hanya bisa dikembalikan oleh penerima dana. Sehingga Anda harus jeli dan waspada di setiap transaksi. Terlebih saat harus bertransaksi dengan pihak yang belum dikenal betul.

Namun, tidak perlu terlewat khawatir. Karena Bitcoin bisa mendeteksi bila adanya kesalahan dalam pengetikan. Transaksi pun tidak akan diizinkan bila Anda menuliskan pengiriman uang ke alamat yang salah secara tidak sengaja.

  • Bitcoin Tidak Anonim

Meski sebelumnya dikatakan sistem Bitcoin cukup transparan, tetapi tetap ada privasi bagi Anda pemilik akun Bitcoin. Benar adanya semua transaksi Bitcoin disimpan permanen di dalam jaringan umum. Hal ini memungkinkan siapa saja bisa melihat transaksi dan jumlah saldo dari alamat Bitcoin siapa saja. Akan tetapi, identitas pemilik alamat tetap aman dan tidak bisa diakses sembarang orang.

Hanya saja setelah melakukan transaksi dengan orang tertentu di alamat tertentu, maka identitasnya akan terungkap. Karena alasan ini pula transaksi Bitcoin dianjurkan hanya berlangsung satu kali. Selebihnya menjadi tanggung jawab setiap personal untuk melindungi atau mengamankan privasinya.

Cara Mendapatkan Bitcoin

Setelah mengetahui Apa itu Bitcoin dan cara mendapatkannya akan menjadi ulasan berikutnya. Untuk bisa menggunakan Bitcoin jelas Anda harus memilikinya lebih dulu. Dalam hal ini ada banyak cara bisa dilakukan untuk mengumpulkan kepingan Bitcoin yang berjumlah lumayan. Berikut diantaranya:

  • Mendapat Bitcoin dari Orang Lain

Pertama Anda bisa mendapat Bitcoin dari orang lain. Misalnya Anda mempunyai online shop dengan salah satu sistem pembayaran menggunakan Bitcoin. Dengan demikian setiap ada transaksi pembelian online dan pembeli Anda memilih bayar dengan Bitcoin, maka Anda akan mendapat Bitcoin. Adapun Bitcoin yang masuk selanjutnya akan disimpan di dompet Bitcoin yang mudah diakses melalui platform atau Bitcoin Wallet Address.

  • Mendapat Bitcoin dari Platfom Jual Beli

Anda bisa membeli Bitcoin seperti membeli mata uang asing. Membeli Bitcoin saat harganya rendah lalu menjualnya saat harganya tinggi. Sistem kerjanya serupa dengan money changer. Hanya saja jual beli Bitcoin ini berlangsung secara online.