Aug 20, 2019 @ 23:36
Saham

Cara Bermain Saham Online Untuk Pemula

Cara Bermain Saham Online Untuk Pemula
83Views

Tidak ada istilah susah jika anda paham cara bermain saham online untuk pemula. Pada awalnya mungkin terasa mustahil bahwa anda yang tak punya latar belakang profesional sebagai investor atau trader dapat mengumpulkan profit tinggi dari aktivitas tersebut. Sebenarnya cukup banyak contoh pengalaman investor saham yang merintis dari jenjang paling mendasar dan sekarang telah menikmati hasil-hasil sepadan.

Sebagai pemula, ada kewajiban memahami pokok-pokok penting permainan saham online ini. Dimulai dari pengertian dan pemahaman tentang investasi saham, metode dan tempat pembelian, cara trading, bursa saham, dan cara analisis.

Apa yang anda pahami sebagai saham? Saham merupakan surat berharga bukti kepemilikan perusahaan. Ya, jika anda punya saham dalam sebuah perusahaan, berarti anda termasuk salah satu orang yang memilikinya dengan persentase tertentu berdasarkan nilai saham yang anda miliki.

Mendaftar untuk Main Saham

Ada prosedur yang disyaratkan supaya bisa mendaftar dan ikut main saham perusahaan. Caranya, carilah perusahaan broker saham atau sekuritas yang berperan sebagai perantara untuk melakukan transaksi di bursa efek Indonesia.

Jumlah perusahaan broker atau sekuritas ini lumayan banyak di Indonesia. Anda bisa mengeceknya secara online dan temukan mana perusahaan yang terpercaya alias memiliki surat perijinan resmi. Dengan bergabung di sebuah perusahaan sekuritas terpercaya, dana yang anda investasikan nanti terjamin keamanannya.

Pihak sekuritas biasanya juga menawarkan jasa konsultasi pada setiap klien yang menjadi investor. Untuk praktik saham online ada tawaran software trading yang diberikan secara cuma-cuma supaya aktivitas anda terjamin lancar.

Perhatikan juga bahwa nanti akan ada beban biaya dari setiap aktivitas transaksi jual beli saham yang anda lakukan. Umumnya beban biaya yang besar ditetapkan oleh perusahaan sekuritas milik pemerintah atau yang punya reputasi sangat bagus dan terpercaya.

Prinsip Dasar untuk Pemula

Sederhana sekali prinsip bermain saham ini. Pada saat harga saham rendah, anda dapat membelinya. Dan ketika harganya naik, anda bisa menjualnya kembali. Tapi praktik itu hanya satu dari beberapa metode menghasilkan keuntungan dari aktivitas bermain. Beberapa metode lain yang sangat jarang diterapkan di Indonesia adalah pembagian dividen dan prediksi turunnya harga saham.

Sebagai pemula, anda cukup memahami prinsip dasar dari metode beli dan jual tadi.

Modalnya Berapa?

Sebagai awalan, anda dapat memprioritaskan diri dengan menghindari risiko tinggi. Putuskan dengan membeli harga saham yang murah dan dengan kata lain modalnya pun cukup rendah. Saat ini investasi saham terbuka untuk umum dan lumayan banyak mahasiswa yang ikut berpartisipasi di bursa saham. Pasalnya, hanya menggunakan anggaran sebesar 1 juta rupiah anda sudah bisa ikut main saham.

Dalam praktik investasi saham anda juga harus terbiasa dengan beberapa istilah dasar seperti Lot. Yang dimaksud sebagai Lot merupakan satuan yang bernilai seratus lembar saham. Setiap orang yang hendak membeli saham diwajibkan membeli minimal 1 Lot.

Mengecek dan Menganalisis

Harga saham di bursa mesti di cek secara konsisten dan dianalisis supaya anda dapat mengambil keputusan yang tepat. Dalam praktik saham online yang anda perlukan tentu saja sebuah software trading. Ada banyak pilihan software ini yang bisa anda pakai sesuai fitur-fitur yang disediakan.

Teknik analisis bagi pemula dapat dipelajari dari panduan online seperti analisis fundamental dan analisis teknikal. Masing-masing jenis analisis itu punya keunggulan dari pembacaan grafik bursa saham yang mesti anda cek teratur.