Jul 17, 2019 @ 12:39
Saham

Cara Melihat Harga Saham di IDX

Cara Melihat Harga Saham di IDX
216Views

Bagaimana cara melihat harga saham di idx jika anda ingin investasi? Praktik investasi atau trading tidak bisa dilakukan dengan asal beli dan jual saja, dan karena itulah kita butuh data yang memuat laporan harga saham itu.

Apa itu saham dan apa itu idx? Saham, sebagaimana kita tahu adalah surat berharga yang merepresentasikan kepemilikan seorang investor di sebuah perusahaan. Sedangkan idx tak lain adalah Indonesia Stock Exchange alias Bursa Efek Indonesia.

Di Mana Melihat Harga Saham di IDX?

Jangan bayangkan anda bisa melihat harga sahamnya dari data laporan keuangan bursa efek tersebut. Pasalnya, tidak ada perusahaan yang mencantumkan laporan keuangannya ke publik. Di samping itu, sifat harga saham sangat fluktuatif. Hari ini berubah drastis dari kemarin dan besoknya lagi. Maka dari itulah ada kebijakan yang mengatur bahwa setiap perusahaan di bursa efek Indonesia hanya bisa mempublikasikan laporan keuangannya setiap tiga bulan sekali.

Anda tidak bisa melihat harga saham penutupan di idx, tetapi anda selalu bisa memantaunya dari berbagai sumber lain yang terpercaya. Tampilan harga saham itu pun disajikan secara real time. Artinya, pergerakan dan kondisi saat itu yang berlangsung pada saat anda mengakses dan memantau secara online.

Sumber Data Harga Saham

Tempat pertama untuk mengecek data harga saham adalah di Google. Ini adalah cara termudah yang dapat dilakukan demi mengetahui berapa harga saham terbaru di bursa efek Indonesia. Metode ini bisa anda gunakan untuk menemukan data harga saham dari setiap perusahaan di Indonesia yang telah terdaftar di idx atau OJK.

Lalu bagaimana caranya? Langsung saja anda ketik IDX: KODE SAHAM. Nanti akan ditampilkan langsung grafis berisikan data harga saham harian. Kode saham itu dapat anda isi dengan nama perusahaan yang sedang anda cari. Anda pun bisa langsung mengetikkan nama perusahaan jika lebih dari susunan huruf atau kata, cukup dengan mengetikkan nama perusahaan dan nanti bisa anda temukan data harga saham hariannya secara real time.

Sumber lain bisa anda pakai dari Yahoo Finance. Menggunakan fitur ini anda malah bisa menemukan data yang lebih lengkap karena berbentuk widget khusus. Sayangnya, loading ke dalam fitur di Yahoo Finance cenderung lamban. Oleh sebab itu sangat disarankan jika anda mengaksesnya dengan koneksi internet yang kencang.

Sumber lain yang dapat anda pakai dari akun perusahaan sekuritas. Perusahaan sekuritas tak lain adalah broker saham yang punya reputasi bagus dan dapat anda manfaatkan jasanya untuk trading saham. Jadi, anda mesti membikin akun dulu di website resmi perusahaan tersebut. Di sini pula anda bisa menemukan fitur yang lebih lengkap karena selain mengecek harga tentu saja bisa melakukan aktivitas trading dari akun itu.

Kalau sudah mengetahui cara melihatnya, anda tinggal menerapkan strategi pembacaan grafik saham supaya bisa menentukan berapa yang akan anda beli dan kapan anda akan menjualnya. Aktivitas melihat data harga saham ini disarankan dilakukan secara harian. Dalam artian, anda punya jadwal tersendiri sehingga bisa langsung mengambil keputusan untuk melakukan trading.

Harga saham di idx yang sangat fluktuatif cenderung membikin sulit sebagian investor untuk mengambil keputusan. Anda dapat mengatasi masalah tersebut dengan membiasakan diri memantau dan membaca setiap perkembangan bursa efek yang berlangsung di masing-masing perusahaan. Nah, selamat mencoba dan gunakan sesuai fungsinya.