Jul 17, 2019 @ 12:39
Saham

Cara Membeli Saham Telkomsel

Cara Membeli Saham Telkomsel
214Views

Salah satu bentuk investasi bisa dilakukan dengan cara membeli saham telkomsel. Sebagai warga negara, anda punya hak untuk menanamkan modal ke perusahaan tersebut. Sebenarnya tidak hanya Telkomsel tapi beberapa perusahaan negara pun menerima investasi atau pembelian saham dengan semua syarat yang diberlakukan.

Mengapa Investasi ke Telkomsel?

Ada banyak perusahaan di Indonesia dan kenapa anda memilih Telkomsel? Salah satu pertimbangannya adalah prospek dari profit yang dapat anda hasilkan dengan menanamkan modal ke perusahaan ini. Sebuah layanan operator komunikasi yang jaringannya telah lama dipercaya dan stabil. Potensi bisnis dari perusahaan itu akan memantapkan siapa saja yang berniat melakukan investasi.

Lalu apa saja syaratnya?

Persiapan

Pertama, anda harus memiliki kemantapan niat melakukan investasi ke perusahaan ini. Aktivitas investasi bukanlah keisengan di mana anda punya sejumlah anggaran dan ingin mendapatkan persentase untung jika membeli saham di situ. Apakah anda sudah mengenali baik-baik perusahaan itu? Dan paling penting ialah kesiapan anda menghadapi risiko capital loss.

Kalau anda sudah mantap dan yakin memilih investasi ke Telkomsel, prosedur dilanjutkan dengan membuka rekening saham.

Persyaratan Membuka Rekening Saham

Apa yang jadi syarat pembukaan rekening saham? Anda wajib menyertakan semua dokumen penting dari salinan KTP, data diri ahli waris, data alamat tempat tinggal, salinan buku rekening tabungan, data pekerjaan dan usaha.

Anda juga bisa mengajukan ini langsung dengan menanyakan dan berkonsultasi. Tapi disarankan pula untuk mencari referensi dari pihak yang pernah atau masih punya pengalaman melakukan investasi di perusahaan sejenis atau lebih bagus lagi kalau perusahaannya sama. Semua persyaratan pada dasarnya mudah dan tidak akan menyusahkan anda kalau memang hendak menjalankan investasi secara serius.

Dengan bertanya kepada teman yang punya pengalaman sejenis akan memberikan anda konteks yang tepat. Mendapatkan gambaran apa yang harus dilakukan nanti dan berapa kira-kira estimasi modal yang bisa anda keluarkan untuk membeli saham di perusahaan ini. Lakukan secara cermat dan cari lebih banyak informasi.

Anda selanjutnya melakukan pengajuan ke perusahaan dengan cara mengisi aplikasi formulir. Biasanya, calon investasi dilakukan minimal sebesar 5 juta rupiah. Makin tinggi nilai investasinya anda menghadapi peluang profit yang juga besar tapi kemungkinan rugi yang juga besar. Oleh karena itu, anda mestinya dapat memilih saham yang dianggap tepat dan sesuai.

Dengan memilih saham secara hati-hati anda dapat mengantisipasi beragam resiko di masa mendatang terkait perusahaan. Sesuai dengan nilai dana di rekening saham, anda pun bisa membelinya berdasarkan prosedur yang ditetapkan.

Apakah setelah membeli saham kemudian urusannya selesai begitu saja? Apakah profit akan datang secara dinamis dan mengalir ke rekening anda? Tentu saja tidak. Ini adalah investasi yang membutuhkan teknik dan strategi dari pihak investor. Berapapun nilai modal yang akan anda gunakan untuk membeli saham, sedikit saja lengah memantau akan kehilangan kesempatan.

Jangan terburu-buru membeli saham. Terutama lagi pada saat kondisi pasar sedang tidak stabil dan malah bisa menurunkan peluang anda memperoleh capital gain. Risiko yang anda hadapi sebenarnya sama dengan para investor lain yang punya nilai modal lebih besar.

Jangan sampai anda mengalami kerugian besar karena tidak memahami konteks dari pergerakan saham. Karena itulah jika anda memang punya niat serius melakukan investasi harus menyiapkan diri dengan sejumlah pengetahuan dan teknik membaca pergerakan saham di bursa efek indonesia.