Aug 20, 2019 @ 6:02
Uang

Cara Membuat Proposal Usaha Untuk Mendapat Bantuan Modal Investasi

Cara Membuat Proposal Usaha
24Views

Proposal Usaha

Cara membuat proposal usaha bisa dipelajari secara mudah. Adapun proposal usaha penting artinya bagi Anda yang ingin membangun suatu bisnis baru. Baik bisnis berskala kecil, menengah, atau besar. Khususnya saat Anda membutuhkan tambahan modal.

Mungkin untuk mendapat modal usaha Anda terpikir untuk meminjam di bank, mengambil kredit dari lembaga keuangan, atau mencoba pinjaman yang lain. Akan tetapi, beberapa hal tersebut cukup berisiko dan sebenarnya bukan hal mudah bagi usaha anyar mendapat pinjaman modal besar. Karenanya Anda perlu mempertimbangkan cara lain untuk mencari modal via investasi. Dalam hal ini proposal usaha bisa Anda buat untuk menjalin kerjasama dengan investor seperlu mendapat bantuan modal.

Cara Membuat Proposal Usaha

Cara membuat proposal usaha yang benar sudah seharusnya sesuai dengan kaidah penulisannya. Yakni ditulis terstruktur mencakup beberapa unsur. Seperti unsur-unsur proposal usaha berikut ini:

  1. Pendahuluan

Di bagian awal Anda perlu menuliskan pendahuluan. Bab pertama ini seperti halnya bagian perkenalan yang sebaiknya mencantumkan latar belakang usaha Anda. Sertakan pula apa yang menjadi visi, misi, dan gambaran usaha yang Anda rencanakan beserta kondisi pasar terkini.

  1. Profil Badan Usaha

Bagian ini sebaiknya dibuat dengan mencantumkan jenis usaha, nama perusahaan, dan lokasi usaha Anda. Uraikan secara singkat dan jelas mengenai jenis usaha Anda. Informasikan nama perusahaan yang menjadi branded yang akan dikenalkan kepada konsumen. Selain itu ada satu lagi info penting dalam bisnis berupa pemilihan lokasi terbaik.

  1. Struktur Organisasi Perusahaan

Apakah usaha Anda berdiri sendiri ataupun berbentuk sistem kerjasama. Misalnya hubungan kerjasama antara pemilik usaha dengan karyawan. Bila usaha Anda mempunyai sistem manajerial, berikan secara rinci mengenai struktur organisasi perusahaan Anda.

  1. Produk Perusahaan

Cara membuat proposal usaha yang tidak boleh dilewatkan yakni menuliskan apa yang menjadi produk usaha Anda. Tuliskan jenis produk, cara pembuatan, dan keunggulan. Keberadaan produk sendiri penting karena tanpa produk usaha Anda tidak bisa dijalankan.

  1. Target Pasar

Informasi lain yang perlu Anda berikan adalah siapa target pasar Anda. Tetapkan target Anda secara spesifik. Misalnya dengan menentukan umur atau dari kalangan mana target pemasaran Anda.

  1. Promosi dan Strategi Pemasaran

Tuliskan cara yang Anda tempuh untuk melakukan promosi dan strategi pemasaran. Sehingga kegiatan usaha bisa memberi omset menjanjikan. Hal ini perlu Anda sajikan secara menarik. Sehingga calon investor merasa yakin Anda memang pantas mendapat bantuan modal.

  1. Laporan Keuangan

Pada laporan keuangan Anda perlu menuliskan mengenai alokasi dana, perhitungan laba, dan perhitungan bagi hasil. Alokasi dana merupakan rancangan dari kebutuhan dana dan pengeluaran yang dibutuhkan dalam usaha. Perhitungan laba sebaiknya dibuat secara logis. Tetapkan target laba rugi beserta ancaman risiko yang mungkin. Sementara pada perhitungan bagi hasil Anda perlu menuliskan rasio bagi hasil yang Anda inginkan. Biasanya rasio dibuat berdasar risiko usaha, semakin kecil risiko usaha semakin kecil pula rasio bagi hasil bagi investor.

  1. Penutup

Bagian penutup berisi ulasan seperlu meyakinkan investor. Buat semenarik mungkin. Adapun satu kata terimakasih juga tidak boleh dilupakan. Yakni ucapan terimakasih karena telah bersedia membaca proposal usaha yang Anda buat.

  1. Lampiran

Pada lampiran cantumkan biodata pemilik usaha, surat perijinan, surat ijin usaha, dan sertifikat usaha. Anda bisa mencantumkan dalam bentuk fotocopy. Unsur-unsur pokok wajib ada dalam cara membuat proposal usaha yang baik.