Aug 20, 2019 @ 23:09
Perbankan

Cara Menabung Di Bank

Cara Menabung Di Bank
84Views

Menyimpan dan menabung untuk kebutuhan Anda di masa depan itu adalah hal yang sangat perlu untuk dilakukan sehingga dengan demikian Anda pun bisa menata keuangan Anda dengan lebih baik. Biasanya orang-orang mulai memiliki nomor rekeningnya sendiri di usia sekitar 17 tahun ke atas. Di masa itu ada yang sudah memiliki penghasilan sendiri atau mungkin mendapatkan uang untuk ditabung secara rutin dari orang tuanya sebagai uang jajan bulanan. Nah jika Anda mendapatkan uang jajan bulanan dari orang tua maka Anda bisa mengatur sendiri keuangan Anda agar sampai akhir bulan Anda masih memiliki uang yang tersisa, bahkan jika uang tersebut bisa Anda simpan untuk tabungan dan tidak Anda gunakan, maka tentunya akan lebih baik sebagai pegangan untuk di masa depan Anda. Sedikit demi sedikit Anda sisihkan uang Anda itu sehingga lama-lama menumpuk menjadi sejumlah tabungan dengan nominal yang banyak. Untuk Anda yang baru pertama kali menabung maka Anda bisa mengikuti cara menabung di bank yang satu ini :

Buat Rekening Bank Dan Kartu ATM Terlebih dulu

Tentunya sebelum Anda melakukan cara menabung di bank Anda sebelumnya harus punya akun rekening bank sendiri di salah satu bank yang ada di Indonesia. Untuk dapat membuat akun rekening maka biasanya akan ada beberapa persyaratan yang harus Anda penuhi seperti misalnya fotocopy KTP atau kartu pelajar, lalu Anda juga harus mengetahui bahwa pada setiap bank terdapat minimal deposit yang harus ada di dalam akun rekening Anda. Biasanya deposit tersebut tidak bisa diambil dan menjadi jaminan dalam akun rekening Anda. Saat ini deposit minimal tiap bank berbeda, apalagi saat baru pertama kali membuat rekening biasanya nominalnya sedikit lebih banyak namun nantinya setelah Anda selesai membuat rekening, Anda bisa mengambil kembali kelebihan dari deposit minimal yang harus Anda isi dalam rekening Anda tersebut. Selanjutnya Anda bisa juga menggunakan kartu ATM untuk kemudahan transaksi dan perlu Anda ketahui bahwa biasanya penggunaan kartu ATM ini juga akan dikenai biaya administrasi setiap bulannya yang akan dipotong secara otomatis dari uang yang ada di dalam rekening Anda.

Menyimpan Uang Langsung Ke Dalam Rekening

Dalam cara menabung di bank itu biasanya ada dua cara yang bisa Anda lakukan. Pertama Anda bisa menyimpan uang secara biasa ke dalam rekening Anda, pada saat Anda menyimpan uang dalam rekening Anda itu maka Anda bisa dengan mudah mengambil dan menggunakan uang yang Anda simpan dalam rekening Anda itu kapan saja Anda butuhkan. Anda bisa menggunakan kartu ATM untuk mengambil uang yang terdapat dalam rekening Anda melalui mesin ATM yang ada di dengan mudahnya setiap Anda butuhkan. Namun tentunya cara menabung di bank yang satu ini bisa saja membuat Anda boros. Karena Anda bebas mengambilnya.

Menyimpan Uang Dalam Jangka Panjang

Selain cara menabung di bank yang sebelumnya, Anda juga bisa memilih program tabungan tertentu yang disediakan oleh pihak bank, misalnya tabungan pendidikan yang mengharuskan Anda untuk menabung sejumlah uang ke tabungan tersebut selama beberapa tahun yang ditentukan, hingga sampai ke tahun yang telah ditentukan itu Anda tidak akan bisa mengambil uang pada tabungan Anda itu. Tabungan yang demikian akan sangat berguna jika Anda ingin menyiapkan biaya pendidikan masa depan untuk anak Anda misalnya.