Aug 20, 2019 @ 2:28
Perbankan

Cara Mengetahui Bank Dari Nomor Rekening

Cara Mengetahui Bank Dari Nomor Rekening
83Views

Para nasabah bank yang memiliki buku rekening tentunya bisa dengan mudah mengirimkan dan menerima kiriman uang dari  orang lain. Untuk mengirimkan uang tentunya Anda membutuhkan nomor rekening dari akun rekening yang ingin Anda kirimi uang. Namun jika Anda perhatikan dengan seksama ternyata nomor rekening dari tiap bank yang berbeda memiliki ciri yang berbeda sehingga jika Anda bisa mengetahuinya Anda bisa dengan mudah membedakannya. Hal ini bisa membantu Anda dalam cara mengetahui bank dari nomor rekening tanpa perlu bertanya kepada pemilik rekening tersebut terlebih dulu. Misalnya saja Anda sedang dalam keadaan buru-buru sedangkan pemilik rekening tidak bisa dihubungi sementara Anda tidak mengetahui rekening dari bank manakah itu, maka dengan beberapa cara mengetahui bank dari nomor rekening ini bisa lebih mudah untuk Anda mengetahuinya.

Lihat Digit Nomor Rekening

Cara mengetahui bank dari nomor rekening yang pertama adalah dengan melihat digit nomor rekening tersebut. Karena ternyata setiap bank mencantumkan nomor rekening dengan jumlah digit yang berbeda-beda sehingga dengan demikian saat Anda melihat dari jumlah digit nomor rekeningnya Anda pasti bisa mengetahui dari bank mana nomor rekening itu berasal. Ini adalah cara yang unik namun cukup cepat untuk bisa menentukan dari bank manakah nomor rekening itu. Misalnya saja untuk bank Mandiri memiliki 13 digit nomor rekening sedangkan bank BRI memiliki jumlah digit nomor rekening sebanyak 15 digit, sedangkan nomor rekening BCA terdiri dari 10 digit nomor rekening. Bila Anda tahu berapa digit nomor tiap bank yang mereka gunakan maka tentunya tanpa melihat dari mana rekening itu berasal dengan menghitung digit nomornya saja Anda bisa langsung mengenalinya. Mudah sekali bukan? Bisa dikatakan bahwa cara mengetahui bank dari nomor rekening ini adalah satu-satunya cara untuk Anda bisa melihat dari manakah nomor rekening berasal. Namun terkadang ada juga beberapa digit awal pada bank tertentu yang sama sehingga dari awalan nomor rekening itu juga bisa Anda cermati dari bank mana nomor rekening itu berasal. Namun sayangnya tidak semua bank menggunakan awalan digit nomor yang sama sehingga  cara mengetahui bank dari nomor rekening yang satu ini tidak selalu bisa Anda jadikan patokan untuk bisa mengetahui bank mana yang menjadi asal nomor rekening tersebut.

Jangan Lupa Tanyakan Informasi Dari Pemilik Rekening

Cara untuk mengetahui rekening bank dari nomornya bisa Anda lakukan ketika Anda sedang terburu-buru dan tidak bisa menghubungi pemilik rekeningnya. Maka dari itu saat Anda dikirimkan nomor rekening, jika pemiliknya tidak mencantumkan nama banknya, jangan lupa Anda langsung tanyakan kepada pemilik rekeningnya karena tanpa adanya informasi mengenai nama bank tentunya Anda tidak bisa mengirim uang dengan mudah ke rekening tersebut.

Gunakan Mesin ATM

Selain cara mengetahui bank dari nomor rekening itu, terkadang Anda mungkin akan lupa berapa nomor rekening Anda sendiri sedangkan Anda tidak membawa buku tabungan dan hanya membawa kartu ATM Anda saja, dengan beberapa cara lainnya Anda bisa mengetahui nomor rekening Anda seperti misalnya menggunakan mesin ATM. Masukkan kartu ATM Anda ke mesin ATM lalu Anda bisa mengecek nomor rekening melalui mutasi rekening, nantinya mesin akan mencetak keterangan berupa histori transaksi Anda beberapa hari terakhir beserta nomor rekening Anda sendiri. Agar lebih mudah lagi sebaiknya Anda tuliskan keterangan mengenai nomor rekening Anda sendiri pada smartphone Anda sendiri agar lebih mudah bagi Anda saat membutuhkannya.