Aug 20, 2019 @ 5:42
Bitcoin

Cara Menggunakan Bitcoin Mulai dari Mengisi Dompet Sampai Transfer

Cara Menggunakan Bitcoin
48Views

Menggunakan Uang Virtual Bitcoin

Cara menggunakan Bitcoin menjadi informasi dasar tahap lanjut yang perlu Anda tahu setelah mengetahui apa itu Bitcoin. Adapun satu hal yang perlu Anda persiapkan agar bisa menggunakan Bitcoin yaitu memiliki Bitcoin Wallet. Bitcoin Wallet atau dompet Bitcoin seperti halnya dompet biasa yang berfungsi sebagai tempat menyimpan uang. Anda bisa menyimpan keeping-keping Bitcoin yang berhasil di dapat di dalam dompet Bitcoin.

Sebelumnya, dompet Bitcoin dibedakan menjadi 2 bagian. Yakni file wallet tempat untuk menyimpan Bitcoin dan wallet application yang Anda butuhkan agar bisa membuka file wallet. Seperti file dokumen pada umumnya, file wallet bisa Anda simpan dan pindah antara satu perangkat ke perangkat lain. Jadi mirip seperti transfer file dokumen biasa. Sebagai upaya mengantisipasi Anda juga bisa menduplikasi file wallet, tetapi isi Bitcoin di dalamnya tetap tidak bisa digandakan.

Cara Menggunakan Bitcoin

Setelah memiliki Bitcoin Wallet tentu Anda perlu mengisinya. Anda bisa mengumpulkan pundi-pundi uang virtual Bitcoin sampai terkumpul banyak dan akhirnya bisa menggunakannya. Kira-kira keeping Bitcoin bisa digunakan untuk apa saja ya? Sebelum menjawabnya berikut diberikan tahapan cara menggunakan Bitcoinlebih lanjut, yaitu:

  • Mengisi Bitcoin Wallet

Ada banyak cara yang bisa Anda coba agar Bitcoin Wallet terisi penuh uang virtual Bitcoin. Mulai dari pertukaran uang dan trading, menambang Bitcoin (Bitcoin minning), hingga donasi dan Bitcoin gratis. Selain cara-cara itu Anda juga bisa mengumpulkan Bitcoin melalui perdagangan Bitcoin. Seperti menjual barang-barang digital ataupun jasa secara online dengan menggunakan Bitcoin dalam transaksi pembayarannya.

  • Menggunakan atau Membelanjakan Bitcoin

Untuk bisa membelanjakan atau menggunakan Bitcoin, maka Anda harus bisa menemukan tempat-tempat yang menerima alat pembayaran Bitcoin. Dalam hal ini Anda bisa mampir ke laman Trade Wiki Bitcoin yang mencantumkan info tentang situs-situs yang menerima uang virtual Bitcoin.

Adapun sebagian besar situs yang menerima pembayaran menggunakan Bitcoin adalah situs game online. Tetapi ada banyak pula situs lain yang menerima mata uang berbentuk digital ini. Menjawab pertanyaan sebelumnya, Bitcoin bisa digunakan untuk banyak hal. Anda bisa melakukan pembelian bermacam jasa mulai dari hosting web, game, atau lainnya.

  • Mengirim Bitcoin

Kegiatan belanja menggunakan Bitcoin bisa berlangsung mudah. Transaksi Bitcoin melibatkan receiving address dan juga sending address. Dimana perihal pengirimannya Anda hanya perlu klik tombol Send Coin yang terdapat di jendela wallet application. Pada saat jendela terbuka Anda diharuskan input receiving address yang tepat. Selesai mengisi data yang benar Anda bisa klik Send, maka transaksi akan dilangsungkan.

Sudah cukup jelas sekarang ternyata penggunaan uang virtual Bitcoin sangat sederhana, seperti halnya bertransaksi dengan uang melalui kegiatan transfer. Pasalnya Bitcoin seperti halnya jurnal digital yang mencatat setiap kepemilikan Bitcoin. Dimana jurnal digital bisa disimpan oleh masing-masing orang yang memiliki Bitcoin sebagai data cadangan. Sehingga bila terjadi kerusakan pada jurnal digital utama, Anda tidak perlu khawatir lantaran memiliki cadangan.

Menggunakan Bitcoin tidak hanya mudah tetapi juga murah. Pasalnya pengiriman uang virtual Bitcoin bisa berlangsung sangat cepat dan tanpa syarat seperti halnya tidak ada batasan transfer. Anda bisa transfer Bitcoin dalam jumlah berapapun mulai dari nominal kecil sampai besar. Adapun biaya transfer relatif kecil dan umumnya tidak ada tambahan biaya administrasi. Sekian semoga ulasan cara menggunakan Bitcoin kali ini memberi informasi bermanfaat.