Aug 20, 2019 @ 4:59
Perbankan

Cara Pinjam Uang Di Bank

Cara Pinjam Uang Di Bank
78Views

Cara pinjam uang di bank masih menjadi pilihan paling tepat dan masuk akal bagi masyarakat yang merasa kesulitan dalam hal keuangan atau sedang membutuhkan produk keuangan terbaik dan teraman. Bank menjadi salah satu solusi ampuh saat Anda sedang memerlukan dana pinjaman. Hanya saja, tidak semua orang merasa percaya diri untuk berhubungan dengan bank karena takut ditolak pengajuannya atau kurang paham mengenai cara atau prosedur  pinjam uang di bank.

Faktanya, banyak keunggulan yang bisa Anda peroleh dengan mengajukan pinjaman ke bank. Dimana Anda akan terhindar dari pinjaman yang bunganya tinggi karena bunga pinjaman yang berlaku masih sesuai harga pasar. Sebagai referensi sebelum memutuskan mengajukan pinjaman pada bank incaran Anda, sebaiknya coba pahami terlebih dahulu beberapa  cara pinjam uang di bank berikut ini:

Menentukan Jenis Pinjaman

Saat ini terdapat 2 jenis pinjaman konsumtif yang ditawarkan perbankan, yaitu kredit multiguna yang merupakan pinjaman dengan menggunakan jaminan atau agunan seperti BPKB kendaraan bermotor, sertifikat rumah, bangunan, tanah, sertifikat saham dan lain sebagainya. Selanjutnya kredit tanpa agunan yaitu pinjaman dana tunai tanpa adanya jaminan dari pihak peminjam. Akan tetapi, pihak peminjam harus memiliki kepemilikan tas kartu kredit dengan penggunaan aktif hingga mencapai satu tahun.

Memeriksa Status Financial

Cara pinjam uang di bank selanjutnya ialah dengan memeriksa status financial terlebih dahulu. Saat Anda telah menentukan jenis pinjaman yang akan diajukan, maka langkah berikutnya ialah mengecek status financial yang Anda miliki saat ini karena pihak bank pastinya akan melakukan pemeriksaan BI BI Checking. Pada tahap ini, bank mulai memeriksa dan menganalisis rekam jejak pengajuan dan pembayaran kredit Anda selama ini. Jika Anda mengalami beberapa permasalahan dengan pembayaran kredit selama ini maka bank tentunya tidak akan menerima pengajuan pinjaman. Sebaliknya, jika selama ini Anda tidak bermasalah dengan pembayaran dan selalu membayar cicilan tepat waktu, maka bank akan berani mengucurkan dana pinjaman yang Anda ajukan.

Membandingkan Bunga Pinjaman

Sebagian besar masyarakat memang kadang kala tidak terlalu memperhatikan perbedaan bunga pinjaman dari masing-masing bank. Masyarakat biasanya hanya tertarik perihal pengajuan pinjamannya agar bisa disetujui secepatnya. Nyatanya membandingkan bunga pinjaman termasuk salah satu cara pinjam uang di bank yang wajib Anda pahami. Rata-rata bunga bank yang diberikan saat ini ialah antara 1 persen hingga 2 persen per bulan. Anda harus berhati-hati saat melakukan penawaran atau pengajuan pinjaman dengan ketentuan dana pinjaman lebih cepat dicairkan karena biasanya bunga pinjaman yang diberikan pun akan lebih tinggi dibandingkan bunga rata-rata.

Menyesuaikan Kemampuan Melunasi Cicilan

Selanjutnya, cara pinjam uang di bank yang tepat ialah dengan menyesuaikan kemampuan membayar atau melunasi cicilan pinjaman saat jatuh tempo. Anda bisa menghitung terlebih dahulu pengeluaran setiap bulannya, baik untuk biaya makan, listrik, transportasi dan lainnya. Kemudian tentukan kira-kira berapa nominal yang bisa Anda sisihkan untuk melunasi pinjaman pada bank saat jatuh tempo. Kemampuan melunasi pinjaman ini akan sangat mempengaruhi masa tenor pinjaman yang Anda lakukan. Semakin lama tenor yang Anda gunakan, maka akan semakin ringan pula cicilan perbulan yang harus Anda bayarkan ke bank, hanya saja jumlah hutang tentunya akan semakin besar secara keseluruhan.

Memenuhi Syarat Dan Dokumen Yang Diberikan Bank

Yang perlu diketahui, berbeda bank maka akan berbeda pula syarat yang akan diajukan kepada calon nasabah nantinya. Untuk itu, Anda perlu mengetahui persyaratan dan prosedur pengajuan kredit pada bank pilihan. Kemudian lengkapi persyaratan umum maupun persyaratan khusus dan ikuti semua prosedur pengajuan kredit hingga dana pinjaman yang Anda butuhkan bisa segera dicairkan. Selain itu, lengkapi semua dokumen pengajuan kredit yang disediakan bank sebagai salah satu cara pinjam uang di bank agar dana pinjaman segera dicairkan.