Sep 22, 2019 @ 14:52
PerbankanUang

Cara Transfer Uang Lewat ATM BRI

Cara Transfer Uang Lewat ATM BRI
341Views

Bagi sebagian pemilik kartu ATM BRI, transfer uang melalui ATM sangat mudah dilakukan. Namun bagi sebagian yang lain, transfer melalui ATM sama sekali tidak mudah. Entah karena alasan baru pertama kali memegang kartu, atau justru terbiasa transfer online dan tidak pernah transfer melalui ATM. Pada dasarnya transfer uang tidak terlalu berbeda dengan saat mengambil uang melalui ATM. Untuk Anda yang masih kesulitan, berikut cara transfer uang lewat ATM BRI:

Transfer antar BRI

Untuk memberikan banyak kemudahan kepada nasabahnya, setiap bank memiliki layanan transfer uang ke seluruh wilayah Indonesia. Demikian pula dengan BRI, juga memberikan layanan transfer antar BRI ke seluruh wilayah Indonesia. Ada dua cara transfer uang yang dilayani oleh BRI, yakni melalui mesin ATM dan melalui aplikasi online. Berikut ini ulasan singkat untuk cara transfer uang lewat ATM sesama BRI:

  1. Temukan mesin ATM berlogo BRI atau ATM Link di dekat lokasi Anda berada. Masukkan kartu dengan posisi yang tepat sehingga tidak ditolak mesin. Pilih Bahasa Indonesia.

  2. Pilih opsi: Lanjutkan. Anda akan diminta untuk memasukkan nomor PIN. Masukkan nomor PIN Anda sebanyak 6 digit. Tutupi dengan tangan untuk memastikan keamanan PIN terjaga.

  3. Setelah PIN masuk, layar akan berubah menjadi banyak pilihan nominal angka. Jangan memilih angka melainkan pilih opsi: Transaksi Lain → Transfer.

  4. Selanjutnya Anda akan dihadapkan pada pilihan: BRI atau Bank Lain. Pilih BRI.

  5. Masukkan nomor rekening sesuai yang nomor tujuan Anda. Gunakan panel angka yang Anda gunakan untuk mengetikkan PIN sewaktu mengisi nomor rekening. Pastikan nomor rekening telah diketikkan dengan benar. Lanjutkan dengan pilihan: Benar.

  6. Anda akan diminta memasukkan nominal transfer. Ketikkan jumlah nominal transfer dengan panel angka. Pastikan tidak keliru mengetikkan nominal. Jika nominal sudah benar, lanjutkan dengan opsi: Benar.

  7. Layar akan menampilkan beberapa informasi mengenai nomor rekening Anda, nomor rekening tujuan hingga nominal uang yang ditransfer. Jika sudah Anda teliti benar, pada bagian bawah akan ada pertanyaan: Proses Transaksi? Tekan Ya.

  8. Jika transfer berhasil, akan ada pertanyaan terakhir: Ingin Transaksi Lagi? Pilih Tidak. Cara transfer uang melalui ATM sesama BRI ini akan langsung diproses dan dikirim ke nomor rekening tujuan. Mudah bukan?

Transfer BRI ke Bank Lain

Tujuan transfer uang nasabah BRI tidak selalu ke jenis rekening yang sama. Tidak selalu bertujuan ke rekening BRI yang sama. Namun seringkali para nasabah menggunakan fasilitas transfer ini dengan mengirim uang ke rekening bank lain. Cara transfer uang melalui ATM BRI ke Bank lain tidaklah sulit. Caranya bahkan tidak berbeda jauh dengan transfer sesama BRI. Berikut langkah-langkah mudahnya:

  1. Masukkan kartu ATM BRI ke mesin ATM. Lakukan langkah-langkah yang sama seperti transfer sesama BRI di atas. Sampai pada tahap memasukkan PIN. Pilih opsi: Transaksi Lain → Transfer.

  2. Untuk pilihan bank tujuan, jika transfer sesama BRI memilih BRI. Sedangkan untuk tujuan rekening bank lain, maka Anda harus memilih bank lain.

  3. Selanjutnya Anda diminta memasukkan nomor rekening dengan didahului kode bank. Sudah tahukah Anda kode bank yang dituju? Jika belum tahu, maka ada opsi: Daftar Kode Bank di bagian paling bawah di layar yang sama. Pilih Daftar Kode Bank.

  4. Jika Anda memilih Daftar Kode Bank, maka akan muncul kode-kode angka dari masing-masing nama bank. Seperti 002 untuk BRI, 008 untuk Mandiri, 009 untuk BNI, 014 untuk BCA, 067 Deutsche Bank Ag dan seterusnya.

  5. Masukkan kode bank sebanyak dua digit dan tepat dibelakang kode tersebut, masukkan nomor rekening tujuan. Periksa nomor rekening apakah sudah sesuai. Lanjutkan dengan opsi: Benar.

  6. Lanjutkan dengan mengetikkan jumlah nominal angka sesuai kebutuhan transfer. Setelah Anda pastikan jumlah nominal yang Anda ketik benar, tekan opsi lanjutan: Benar.

  7. Ada permintaan nomor referensi. Sebaiknya kosongkan dengan langsung menekan pilihan: Benar. Selanjutnya akan ada informasi konfirmasi.

  8. Informasi konfirmasi ini berisi nomor rekening Anda, nomor tujuan dan nama pemilik rekening tujuan. Juga jumlah nominal saldo yang Anda kirim. Jika sudah benar, maka Anda akan ditanya, Lanjutkan Proses? Pilih: YA.

  9. Tunggu sampai transaksi selesai diproses. Akan ada pertanyaan lanjutan, Apakah Anda Ingin Melanjutkan Transaksi? Tekan pilihan: Tidak.

Dari cara transfer uang melalui ATM BRI di atas, tidak ada satupun langkah yang sulit dilakukan. Mengingat fungsi mesin ATM ini memang untuk memberikan layanan kemudahan bagi setiap nasabah untuk mengirim atau transfer uang. Tidak hanya ke sesama rekening BRI di seluruh kota di Indonesia, namun juga ke bank asing yang ada di Indonesia. Dengan jangkauannya yang luas, cara transfer uang melalui ATM BRI dapat dilakukan siapa saja.