Aug 20, 2019 @ 22:28
Uang

Cara Usaha Online Sampai Sukses, Panduan Tepat Bagi Pemula

Cara Usaha Online Sampai Sukses, Panduan Pemula
28Views

Cara Sukses Usaha Online

Banyak orang bingung memulai cara usaha online. Padahal pada dasarnya usaha ini tidak jauh berbeda dari usaha konvensional. Bedanya usaha online memanfaatkan teknologi internet dalam pemasarannya. Para pengusaha kini pun mulai melirik bisnis online setelah mempertimbangkan segudang keuntungan dan kemudahan yang bisa didapat.

Bagi Anda yang ingin memulai usaha online tidak perlu ragu. Namun, sebelumnya ada beberapa hal yang wajib diketahui agar bisnis online yang dirintis bisa mencapai kesuksesan. Berikut beberapa hal yang dimaksud:

  • Memutuskan Produk/ Jasa

Saat Anda akan memulai bisnis online dengan membuat online shop baru, maka sebaiknya Anda sudah memiliki gambaran mengenai produk atau jasa apa yang ingin dijual. Dalam hal ini Anda harus mempertimbangkan peluang produk yang dipilih. Selain itu, sebaiknya Anda juga paham betul mengenai produk yang dijual.

Ada beberapa pilihan yang bisa Anda pertimbangkan. Mulai dari produk fisik, produk digital, atau jasa. Putuskan pula apakah Anda ingin menjual satu jenis item atau banyak jenis. Bagi pemula mungkin lebih baik jika fokus pada satu item dulu. Namun, jika Anda mengambil produk dari penyuplai mungkin tidak masalah untuk menjual banyak jenis item sekaligus. Selanjutnya Anda juga harus mempertimbangkan cara pengiriman, pembayaran, dan promosi agar bisnis online baru Anda cepat dikenal.

  • Niche Market

Dalam rahasia sukses cara usaha online Anda tidak boleh melupakan niche market. Niche market merupakan pemilihan segmen pasar yang hanya menyediakan satu jenis item. Niche market bisa Anda manfaatkan seperlu memperoleh kepuasan konsumen sekaligus menekan angka persaingan dengan competitor.

Singkatnya Anda harus paham benar apa yang menjadi identitas pembeda antara online shop Anda dengan lainnya. Jika Anda berhasil tampil unik dan beda, tentu Anda berkesempatan panen untung besar.  Karenanya usahakan untuk menawarkan produk unik, berkualitas, proses simpel, dan sesuai dengan keahlian Anda. Sehingga Anda pun lebih mudah dalam pengelolaannya.

  • Menguji Pasar

Cara bisnis online berikutnya adalah dengan melakukan pengujian pasar. Hal ini bisa Anda lakukan dengan menawarkan produk secara offline lebih dulu dalam skala kecil. Sekiranya Anda juga perlu mengikuti beberapa event seperti pameran atau lainnya seperlu membantu dalam pengenalan produk.

Pengujian pasar ini akan memperlihatkan minat pasar akan produk atau jasa yang Anda jual. Dengan mengetahui peluang pasar tentu akan lebih mudah bagi Anda dalam menetapkan strategi. Karena dari pengujian Anda bisa mengetahui siapa saja konsumen potensial Anda, kesediaan konsumen untuk membayar dalam kisaran harga tertentu, dan kepuasan konsumen. Saat melakukan pengujian secara konvensional jangan sungkan untuk bertanya langsung kepada konsumen Anda.

  • Menyusun Perencanaan Bisnis

Sebelum membuka online shop Anda, luangkan waktu untuk menyusun perencanaan bisnis. Susun secara rinci mencakup darimana Anda mendapat sumber modal, biaya operasi, pemetaan strategi pasar, dan lainnya. Bisnis online tidak terlepas dari jasa kurir karenanya petakan pula biaya pengiriman, jangan sampai Anda rugi karena membayar ongkos kirim dari konsumen.

Berkaitan dengan membuka online shop baru, Anda bisa memilih web gratis atau berbayar. Web gratis sekali pun membutuhkan biaya operasional seperti untuk mendapat akses internet. Jika Anda ingin menggunakan web berbayar, maka ada biaya tambahan untuk domain dan hosting. Adapun jika Anda berencana mempekerjakan karyawan pertimbangkan pula gajinya. Beberapa hal kecil lainnya pun wajib dipertimbangkan dalam cara usaha online agar bisa berkembang sampai sukses.