Jul 17, 2019 @ 14:24
Uang

Ini 4 Cara Memulai Usaha Baru From Zero to Hero

Ini 4 Cara Memulai Usaha Baru From Zero to Hero
13Views

Memulai Usaha Baru Modal Kecil

Cara memulai usaha baru memang tidak semudah membalikkan telapak tangan. Tapi tidak lantas berarti mustahil dilakukan. Setidaknya dengan persiapan baik Anda bisa lebih siap memulai bisnis baru agar sampai berkembang. Sebaliknya jika Anda tidak siap, maka usaha Anda bisa jadi hanya akan jalan ditempat dan salah-salah malah gulung tikar.

Memulai bisnis baru tidak melulu harus memiliki modal besar. Dengan modal yang terbatas sekarang juga Anda bisa memulai usaha baru. Adapun sebagai panduan berikut diberikan beberapa langkah atau cara yang bisa Anda coba. Diantaranya yaitu:

  1. Mantap dengan Jenis Usaha

Apa usaha baru yang ingin Anda jalankan? Saat akan merintis usaha sendiri, jelas pertanyaan ini mengganggu benak Anda. Adapun penting bagi Anda bisa memantapkan  jenis usaha dan mencari tahu peluang usaha yang dipilih. Hal yang tak kalah penting lainnya, usaha yang dipilih seharusnya sesuai dengan keahlian dan minat. Dengan demikian Anda tidak akan merasa terbebani saat menjalankan atau mengembangkannya kelak.

Pikirkan benar sebelum memulai. Anda bisa menuliskan beberapa bakat atau keahlian Anda dalam sebuah buku. Lanjutkan dengan menyusun beberapa jenis usaha yang sesuai dengan bakat Anda. Misalnya saja Anda mampu membuat aneka macam kue kering. Dari kemampuan tersebut Anda bisa merilis bisnis toko kue kecil-kecilan. Mulainya dengan membuat pesanan untuk acara arisan atau lainnya.

  1. Melakukan Survei

Cara memulai usaha baru berikutnya penting untuk melakukan survei lapangan. Hal ini guna mengetahui peluang bisnis baru Anda mencapai kesuksesan. Dalam survei Anda perlu mencari tahu akan beberapa hal. Diantaranya mencakup tingkat persaingan di pasar, lokasi strategis, dan perilaku konsumen yang menjadi target pasar Anda.

Survei yang Anda lakukan bisa membantu mengetahui tingkat persaingan untuk jenis produk yang ditawarkan. Anda perlu mencari tahu seberapa banyak kompetitor di sekitar Anda. Ketahui kualitas dan ciri produk kompetitor Anda. Adapun mengenai lokasi sebaiknya Anda tahu lokasi yang pas untuk pemasaran. Meski sekarang Anda juga bisa memanfaatkan internet untuk mendapat pangsa pasar lebih besar. Selain itu, perilaku konsumen juga perlu diperhatikan agar bisa mengoptimalkan omset usaha.

  1. Menyiapkan Modal Usaha

Besar modal yang Anda perlukan sebenarnya bergantung dari bisnis baru yang dibuka. Baik membuka usaha besar atau kecil, sebaiknya Anda tahu besar modal yang perlu dianggarkan. Adapun jika Anda mendapat untung dari usaha yang sudah berjalan, sisihkan untuk modal dan dana cadangan.

Di sisi lain memulai usaha baru dengan modal terbatas bukan tidak mungkin. Malah Anda bisa memulainya dengan modal nol. Dari nol menjadi besar, bagaimana caranya? Misalnya saja bagi Anda yang berencana membuka usaha toko roti bisa memproduksi saat ada pesanan. Berlakukan peraturan membayar DP atau uang muka, agar uang muka tersebut bisa Anda gunakan sebagai modal.

  1. Business Plan Terbaik

Terakhir pastikan Anda memiliki business plan atau perencanaan bisnis terbaik. Hal ini penting seperlu menekan risiko kerugian. Risiko usaha sudah pasti ada. Risiko tersebut tidak perlu ditakuti, melainkan harus bisa dikendalikan.

Meski Anda memulai usaha dengan modal nol, Anda tetap membutuhkan perencanaan usaha yang matang. Tidak boleh menjalankan usaha secara asal. Pasalnya hal itulah yang akan menyebabkan datangnya kegagalan. Adapun perencanaan usaha yang Anda butuhkan dalam mengatur cara memulai usaha baruadalah perencanaan yang dapat membantu mencapai hasil sesuai target dan harapan.