Aug 20, 2019 @ 22:24
Uang

Ini Lho Cara Kirim uang Lewat Alfamart! Mudah dan Praktis, Kok!

Cara Kirim uang Lewat Alfamart Mudah dan Praktis
36Views

Selama ini, Anda barangkali masih hanya mengandalkan ATM, mobile banking, atau internet banking saat harus mengirimkan uang. Tapi, alternatif tersebut bisa dilakukan kalau si penerima dana juga memiliki rekening bank. Kalau si penerima tidak memiliki rekening bank atau sedang berada pada situasi di mana ia tidak bisa mengakses rekening banknya, lantas apakah tidak ada solusi lainnya?

Tenang saja, karena solusinya bisa jadi hanya ada di sekitar rumah atau kantor Anda! Sebab, pasti ada gerai Alfamart yang beroperasi di daerah tempat tinggal atau kerja Anda, bukan?

Melakukan transaksi pengiriman uang melalui Alfamart mungkin masih jadi hal yang cukup asing di telinga Anda. Padahal, sebenarnya cara ini juga sama aman, mudah, dan praktis seperti transfer bank, lho. Apalagi cabang Alfamart tersebar di berbagai lokasi di penjuru Indonesia, bahkan sampai ke area pedesaan. Jadi, di manapun si penerima dana berada, ia bisa mencairkan uangnya dengan segera di cabang atau gerai Alfamart terdekat!

Nah, berikut ini rangkuman cara kirim uang lewat Alfamart yang perlu Anda lakukan. Selamat membaca!

Cara Mengirimkan Uang Lewat Alfamart

Pertama, Anda perlu melengkapi beberapa syarat dulu sebelum akhirnya bisa mengirimkan uang lewat Alfamart. Jadi, sekadar membawa uang saja tidak cukup. Sebab persyaratan-persyaratan tersebut akan berkaitan dengan kelancaran proses transfer sampai penarikan dana demi keamanan serta kemudahan kedua belah pihak.

Syarat-syaratnya adalah sebagai berikut:

  1. Identitas diri Anda sebagai pengirim;
  2. Nomor HP Anda sebagai pengirim;
  3. Nomor HP penerima dana; dan
  4. Jumlah uang yang akan dikirimkan.

Persyaratannya mudah, bukan? Dan jika semuanya sudah lengkap, maka Anda bisa segera pergi ke cabang atau gerai Alfamart terdekat dan langsung menghampiri kasir. Sampaikan bahwa Anda ingin melakukan transfer dana lewat Alfamart; setelah itu, kasir akan meminta syarat-syarat di atas. Selain itu, ada juga formulir yang sudah disiapkan di Alfamart untuk menuliskan data-data dari persyaratan pengiriman uang tadi. Formulir itu serupa seperti slip setoran di bank. Nah, formulir tersebut akan diisi oleh pegawai Alfamart.

Jika Anda mendatangi cabang Alfamart yang berlokasi di kota besar, maka Anda biasanya akan menerima notifikasi lewat SMS tentang status transfer dana Anda. Sedangkan di beberapa cabang lainnya, Anda biasanya akan menerima lembaran bukti transfer untuk disimpan terlebih dahulu.

Baik itu lewat SMS atau dicetak di atas bukti transfer, akan ada sebuah kode yang harus digunakan oleh si penerima dana jika ia ingin menarik atau mengambil uang yang Anda kirimkan tersebut. Yang perlu diingat adalah bahwa akan ada beban biaya administrasi setiap kali Anda melakukan transfer dana lewat Alfamart.

Transfer Uang Lewat Alfamart, Apakah Aman?

Tentu saja Anda akan mempertimbangkan faktor keamanan ketika akan melakukan transfer uang, bahkan jika Anda melakukannya lewat bank. Untuk berjaga-jaga, sangat dianjurkan bagi Anda untuk menyimpan lembaran bukti transfer atau SMS notifikasi serta kode penarikan agar dapat Anda jadikan bukti untuk pengajuan klaim jika hal-hal yang tak diinginkan terjadi. Misalnya kesalahan saat transfer seperti nomor HP yang keliru. Karena itulah Anda juga perlu mengecek ulang data yang dimasukkan sebelum transfer agar dapat mencegah risiko terjadinya kesalahan seperti itu.

Itulah cara kirim uang lewat Alfamart yang bisa Anda lakukan sebagai alternatif dari transfer bank. Semoga bermanfaat!