Aug 20, 2019 @ 23:35
Uang

Ini Lho, Cara Mendapatkan Uang dari AdMob yang Bisa Anda Coba!

Cara Mendapatkan Uang dari AdMob Bisa Anda Coba!
36Views

Saat ini, mendapatkan uang secara online bisa dilakukan dengan banyak cara. Dan salah satunya adalah dengan memanfaatkan Google AdMob. Nah, bagi Anda yang penasaran dengan cara mendapatkan uang dari AdMob, simak langkah-langkahnya berikut ini!

Mengapa AdMob?

Selain perkembangan internet, penggunaan smartphone pun ikut berkembang dengan sangat pesat. Karena itu, berbagai aplikasi smartphone akan selalu diminati oleh para penggunanya, baik itu aplikasi hiburan, edukasi, maupun untuk kebutuhan kerja seperti memo dan pengingat. Nah, Anda bisa memanfaatkan cara mendapatkan uang dari AdMob ini dengan menjadi seorang pengembang atau developer aplikasi di Playstore.

Proses Perencanaan Aplikasi

Dalam segala aspek kehidupan, proses perencanaan akan selalu jadi langkah awal yang memainkan peran penting. Dan di sini, ada satu hal yang wajib dipertimbangkan ketika Anda akan mendesain aplikasi android: segmen pasar. Kemudian, pikirkan masak-masak mana segmen yang ingin Anda kejar: pasar internasional atau pasar domestik (dalam negeri)?

Persiapkan Email Anda untuk Mendaftar ke AdMob

Anda membutuhkan email untuk menautkan ke bermacam-macam produk atau fitur dari Google. Dan seperti yang sudah disebutkan sekilas, AdMob merupakan layanan yang disediakan oleh perusahaan tersebut. Dan jika Anda sudah jadi publisher Google AdSense sebelumnya, Anda hanya perlu menautkan akun Anda dengan AdMob. Selain itu, proses pendaftaran AdMob pun relatif lebih mudah dibandingkan AdSense.

Kemudian, jangan lupa mendaftar sebagai pengembang di Google Play Developer. Layanan ini nantinya jadi tempat Anda mengirimkan aplikasi yang sudah jadi untuk dirilis di Playstore. Anda juga perlu memiliki kartu kredit dan menyiapkan dana dengan nominal $25.

Persiapan dan Desain Aplikasi

Dalam mempersiapkan aplikasi, ada berbagai hal penting yang perlu Anda lakukan, seperti:

1.     Pilih jenis aplikasi berdasarkan kategori aplikasi yang ada di Playstore: Aplikasi, Buku, Game, dan Kios.

2.     Lakukan riset tentang kebutuhan aplikasi agar sesuai dengan segmentasi pengguna.

3.     Desain aplikasi yang menarik.

4.     Memilih media untuk membangun aplikasi: secara manual (untuk yang sudah menguasai coding), otomatis (dengan berlanggaran vendor pengembang android), dengan menyewa penyedia jasa aplikasi berbayar, atau bekerjasama dengan vendor gratis (konsekuensinya, Anda tidak mendapatkan bagi hasil).

5.     Mengintegrasikan aplikasi dengan kode AdMob sebelum finalisasi.

6.     Goal-kan aplikasi yang sudah dibuat untuk ditinjau dan diuji kelayakannya pada platform Android.

Kirim Aplikasi ke Playstore

Pada langkah ini, artinya aplikasi Anda hanya tinggal selangkah lagi sebelum akhirnya benar-benar siap untuk dikirim ke Playstore. Ketika Anda akan submit aplikasi, Anda akan diminta menentukan apakah aplikasi yang dibuat akan jadi aplikasi berbayar, atau jadi aplikasi gratis. Dan karena artikel ini adalah tentang cara mendapatkan uang dari AdMob, maka nyatakan bahwa aplikasi Anda akan jadi aplikasi gratis karena Anda sudah mengintegrasikan kode iklan dari AdMob sebelumnya.

Jangan Lupa Kampanyekan Aplikasi Anda

Walaupun aplikasi Anda sudah jadi dan dikirim ke Playstore, aplikasi tersebut tidak akan membuahkan hasil kalau Anda tidak melakukan kampanye sama sekali. Bahkan kampanye yang minimum juga tidak dapat membuahkan hasil yang Anda inginkan. Sedangkan pilihan untuk kampanye aplikasi dapat Anda lakukan lewat iklan premium (ideal untuk pengembang yang sudah besar), media sosial, website atau blog, atau forum-forum aplikasi Android.

Segera Mulai Sekarang Juga!

Walaupun Anda masih pemula, bukan berarti cara mendapatkan uang dari AdMob ini tidak akan manjur. Justru ingat bahwa keberhasilan tidak datang hanya dalam sekejap. Jadi, jika Anda ingin segera sukses menjadi pengembang aplikasi berbasis Android dengan memanfaatkan AdMob, maka mulai buat aplikasi Anda sekarang juga!