Aug 20, 2019 @ 6:02
Uang

Mau Tahu Cara Menghasilkan Uang dari Playstore? Temukan Jawabannya di Sini!

Mau Tahu Cara Menghasilkan Uang dari Playstore?
20Views

Dengan perkembangan internet yang semakin pesat dan teknologi smartphone secara keseluruhan, sekarang sudah ada berbagai macam cara yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan uang secara online. Dan salah satunya adalah dengan memanfaatkan Playstore sebagai sumber rezeki. Hal ini dikarenakan kebutuhan berbagai aplikasi bagi para pengguna smartphone, mulai dari aplikasi hiburan sampai bisnis.

Anda barangkali sudah lama tertarik ingin mencoba mendapatkan uang dengan memanfaatkan aplikasi berbasis Android di Playstore, tapi belum tahu caranya. Nah, berikut ini adalah beberapa cara menghasilkan uang dari Playstore yang dapat Anda coba. Selamat membaca!

  1. Membuat Aplikasi Berbayar

Cara pertama adalah dengan membuat aplikasi berbayar. Artinya, pengguna harus membeli aplikasi tersebut sebelum akhirnya bisa mengunduhnya dari Playstore. Agar Anda bisa mengunggah aplikasi berbayar, maka Anda perlu memiliki akun merchant (pedagang) terlebih dahulu. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk membuat akun merchant di Playstore:

  1. Login ke akun Google Play Developer Anda.
  2. Pilih aplikasi yang telah Anda unggah.
  3. Pilih menu “Keberadaan Toko”, kemudian pilih “Harga dan Distribusi”.
  4. Klik tautan “menyiapkan akun pedagang” dan input informasi yang diperlukan.
  5. Akun pedagang Anda pun sudah siap.

Dengan aplikasi berbayar, Anda pun menentukan harga untuk aplikasi tersebut yang harus dibayarkan oleh pengguna jika mereka ingin mengunduh aplikasi tersebut. Jika Anda memilih cara ini, maka Anda perlu perhatikan kualitas aplikasi karena pengguna tidak akan mau mengeluarkan uang jika kualitas aplikasinya buruk.

  1. Memasang Iklan di dalam Aplikasi

Anda barangkali sudah tahu bahwa ini adalah cara menghasilkan uang dari Playstore yang paling sering dilakukan oleh para pengembang (developer) aplikasi. Sebab, dengan cara demikian maka para pengguna masih bisa mengunduh aplikasi secara gratis, sementara iklan yang dipasang di aplikasi akan menjadi sumber pemasukan Anda.

Untuk cara yang satu ini, langkahnya terbilang cukup merepotkan. Sebab, Anda wajib memiliki akun AdSense, AdMob, dan memasukkan kode. Kode tersebut adalah kode ad unit yang diberikan AdMob untuk dimasukkan ke dalam source code aplikasi yang Anda buat dan kembangkan. Meski demikian, status aplikasi yang gratis akan lebih mudah menarik perhatian para pengguna untuk mengunduh dan menggunakannya.

Berbicara soal AdMob, prinsip kerjanya sebenarnya serupa dengan AdSense. Hanya saja iklan akan ditampilkan di dalam aplikasi Anda. Sedangkan komisi dari iklan yang diperoleh akan tetap masuk ke dalam akun Google AdSense Anda.

  1. Dengan In-App Purchase

Jika Anda sering bermain game lewat smartphone Anda, barangkali Anda sudah sering melihat berbagai permainan yang menawarkan item-item tertentu untuk dibeli dengan menggunakan uang yang sesungguhnya alias asli. Misalnya gems pada berbagai permainan strategi seperti Clash of Clans, atau item lainnya yang bisa membantu pemain mengupgrade item atau karakternya di dalam permainan tersebut. Inilah yang disebut dengan in-app purchase.

In-app purchase merupakan transaksi jual-beli produk digital, baik berupa layanan maupun barang, di dalam sebuah aplikasi yang dilakukan oleh aplikasi dengan penggunanya. Untuk cara menghasilkan uang dari Playstore yang satu ini, Anda perlu memiliki pengetahuan yang memadai terkait API Google serta pemrograman agar proses in-app purchase nanti dapat berjalan baik.

Tips Menghasilkan Uang dari Playstore

Jika Anda memang serius ingin memanfaatkan peluang mendapatkan uang dari aplikasi di Playstore, maka wajib hukumnya untuk membuat hanya aplikasi yang bermanfaat dan berkualitas untuk para pengguna. Sebab, pengguna saja masih sering ragu untuk menggunakan aplikasi gratis jika kualitasnya di bawah rata-rata. Kalau demikian, bagaimana mereka mau mengeluarkan uang untuk aplikasi yang kualitasnya kurang baik