Sep 22, 2019 @ 13:23
PerbankanUang

Mudah, Ini 4 Cara Mengambil Uang Di ATM

Mudah, Ini 4 Cara Mengambil Uang Di ATM
340Views

Memilih menyimpan uang di bank, memberikan Anda banyak keuntungan. Salah satunya adalah faktor keamanan yang tidak dapat ditandingi saat Anda menyimpan uang di laci lemari kamar, di bawah bantal atau justru di dalam celengan. Selain itu, fasilitas kartu ATM yang diberikan hampir semua bank juga memberikan keuntungan, diantaranya memudahkan Anda mengambil uang tunai kapan dan di mana saja. Bagaimana cara mengambil uang di ATM? Berikut langkah-langkahnya:

Temukan mesin ATM terdekat

Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk mengambil uang di ATM adalah mencari mesin ATM terdekat. Jika Anda berada di kota-kota besar semisal JaKarta, Bandung, Surabaya, akses ke mesin ATM terdekat sangat mudah dilakukan. Pasalnya hampir setiap tempat di kota-kota besar disediakan mesin ATM yang dapat digunakan siapa saja.

Pastikan pilihan mesin ATM Anda sesuai dengan logo pada kartu ATM. Semisal ATM Anda berlogo BNI maka carilah mesin dengan logo BNI yang sama. Atau BCA maka carilah mesin ATM dengan logo BCA yang sama. Lain cerita jika Anda sedang berada di pelosok yang cukup sulit mencari akses ATM terdekat. Jika hal ini terjadi pada Anda, manfaatkan cara mengambil uang di ATM Bersama.

ATM Bersama

Perlu Anda ketahui bahwa sekarang ini beberapa bank tergabung dalam jaringan perbankan yang saling terhubung. Dengan jaringan ini, pemegang kartu jenis bank tertentu tidak harus mengambil uang di ATM bank yang sama. Semisal Anda pemegang kartu BRI tidak harus melakukan cara mengambil uang di ATM BRI dan seterusnya.

Jaringan ATM Link membawahi BRI, BNI, Cimb Niaga, Mandiri dan Danamon. Jaringan ATM Prima membawahi BCA, Mandiri, BNI, Cimb Niaga, BRI. Jaringan ATM Alto membawahi Danamon, BTN, Maybank, Citybank dan Permata Bank. Jika tidak ada mesin ATM sesuai logo kartu Anda, cukup cari dan lakukan cara mengambil uang di ATM Link atau Prima atau justru Alto.

Bertransaksi dengan kartu ATM

Meski berlogo berbeda, pada dasarnya setiap mesin ATM bekerja dengan cara yang sama. Untuk itu Anda tidak perlu khawatir akan terjadi kesalahan saat menggunakan mesin ATM Bersama karena telah terbiasa menggunakan mesin ATM berlogo sama dengan kartu Anda. Berikut beberapa cara mengambil uang di ATM bank nasional dan swasta juga ATM Bersama:

  1. Masukkan ATM ke slot kartu yang seringkali ditandai dengan lampu berkedip-kedip kuning. Posisi kartu tidak boleh terbalik. Nomor awal kartu berada di posisi atas, masuk ke dalam slot lebih dulu.

  2. Pilih bahasa Indonesia.

  3. Masukkan PIN ATM dengan menutupnya menggunakan tangan untuk menjaga keamanannya.

  4. Pilihan nominal angka dari Rp. 100.000 sampai dengan Rp. 1.000.000 akan keluar di layar. Pilih salah satu nominal sesuai kebutuhan pengambilan.

  5. Jika nominal yang tertera tidak sesuai kebutuhan pengambilan, pilih opsi paling terakhir: Transaksi Lain → Penarikan → Jumlah Lain. Ketikkan nominal angka yang Anda perlukan menggunakan papan angka yang Anda gunakan untuk mengetik PIN di awal proses.

  6. Transaksi akan diproses. Tunggu sampai uang keluar. Ambil resi yang keluar.

  7. Setelah uang keluar, akan muncul tulisan: Apakah Anda Ingin Melanjutkan Transaksi? Pilih YA jika Anda ingin melanjutkan. Tidak jika Anda tidak ingin melanjutkan dan kartu ATM akan langsung keluar secara otomatis.

  8. Jika kartu ATM Anda tidak keluar otomatis, tekan Cancel untuk mengeluarkannya.

Pastikan tidak meninggalkan kartu ATM

Ada hal sangat penting namun seringkali dilupakan oleh mereka yang merasa telah mengetahui cara mengambil uang di ATM Alto, Link atau justru Prima. Setelah mengambil uang dan resi yang keluar, mereka pergi begitu saja dari mesin ATM. Pastikan Anda tidak melakukan hal yang sama karena akan sangat berbahaya untuk keamanan rekening Anda.

Selama ini ada banyak kasus pembobolan hingga penyalahgunaan rekening akibat kartu ATM yang tertinggal di mesin ATM. Kalaupun tidak disalahgunakan, kartu ATM Anda akan tertelan kembali ke dalam mesin. Tentu akan menjadi kesulitan tersendiri untuk Anda. Karena itu cara mengambil uang di ATM terakhir yang sangat penting adalah, memastikan kartu ATM tidak ketinggalan.