Sep 22, 2019 @ 14:20
Saham

Panduan Cara Membeli Saham Bagi Pemula

Panduan Cara Membeli Saham Bagi Pemula
107Views

Masuk ke dalam dunia saham terkadang menarik bagi banyak orang. Iming – iming keuntungan besar bisa saja jadi dorongan. Namun masih banyak orang tidak tahu bagaimana caranya masuk ke dalam dunia saham tersebut. Bagi Anda yang tertarik untuk belajar, di artikel ini akan dibahas panduan cara membeli saham yang cocok untuk pemula.

Banyak orang menganggap terjun ke dunia saham itu sulit. Padahal pada kenyataannya hal ini tidak benar. Investasi di permukaan terlihat sulit, namun jika sudah menjalaninya, Anda akan sadar bahwa hal ini tidak sesulit yang banyak orang bilang. Nah, ikuti langkah – langkah mudah berikut untuk tahu cara membeli saham

  1. Buat Rekening Saham

Langkah pertama cara membeli saham tentu harus dimulai dengan membuat rekening saham. Rekening ini merupakan tampungan dana yang akan Anda gunakan untuk membeli saham yang diinginkan. Keuntungan dan hasil bermain saham biasanya juga masuk ke dalam rekening ini.

Untuk membuat rekening saham Anda bisa mendatangi kantor sekuritas maupun broker. Untuk informasi lembaga sekuritas dan broker yang baik, Anda bisa cari infonya lewat internet. Memilih sekuritas dan broker yang bisa dipercaya itu penting. Jika salah pilih tempat membuat rekening saham, tentu dana yang Anda simpan di situ bisa lenyap.

Sekarang ini rekening saham ini sudah bisa dibuat secara online. Anda hanya perlu mengisi form beserta surat penting dan data diri. Untuk buat rekening secara online, dokumen seperti KTP, NPWP, buku tabungan dan KK harus dikopi dan di upload.

  1. Install Program Beli Saham

Langkah kedua cara membeli saham berikutnya adalah dengan menyiapkan alat untuk beli saham. Alat ini biasanya berupa program yang biasanya datang sepaket dengan rekening saham Anda. Kantor sekuritas dan broker biasanya menggunakan program yang berbeda untuk operasinya.

Untuk arahan penggunaan, Anda bisa cari guidenya di internet atau mencari arahan dari broker Anda. Program ini ada yang harus digunakan di komputer namun ada juga yang hanya perlu di install di smartphone.

Apapun bentuk programnya, Anda harus belajar untuk menggunakannya. Biasanya dalam alat beli saham ini, Anda bisa menggunakan menu help untuk mendapatkan bantuan.

  1. Isi Rekening Saham Anda

Jika alat beli saham sudah siap, sekarang waktunya untuk mengisi rekening saham Anda. Biasanya syarat pengisian rekening adalah 5 juta Rupiah untuk standar nasional. Namun, jika Anda menggunakan perusahaan sekuritas maupun broker asing, biayanya akan lebih tinggi karena menggunakan standar US Dollar. Walaupun begitu biasanya hal ini tidak akan lebih dari 50 juta Rupiah.

Saat rekening saham sudah aktif, Anda biasanya akan diberi ID untuk digunakan di dalam aplikasi beli saham yang sudah di install.

  1. Beli Saham Sesuai Kebutuhan

Sekarang dengan ID tersebut, Anda login masuk ke dalam program beli saham. Setelah masuk, Anda bisa langsung membeli saham yang diinginkan.

Ternyata mudah bukan cara membeli saham? Cara beli ini memang mudah, hal yang sulit dalam dunia saham adalah menghasilkan investasi yang baik. Hal yang perlu Anda ingat dalam dunia saham adalah keuntungan tidak datang tiba – tiba. Anda perlu melakukan pertimbangan dan membaca pasar untuk untung besar.

Tapi hal ini tidak perlu dipaksakan bagi pemula. Anda sebagai pemula lebih cocok membeli saham untuk investasi jangka panjang. Investasi ini dilakukan dengan cara membeli saham yang ada pada perusahaan yang besar dan sukses. Perusahaan seperti ini tidak akan tiba – tiba jatuh nilai sahamnya. Beberapa contoh saham yang aman ini adalah saham Astra dan Sampoerna.