Jul 17, 2019 @ 14:51
Bitcoin

Panduan Ringkas Cara Bermain Bitcoin untuk Pemula yang Ampuh

Cara Bermain Bitcoin untuk Pemula yang Ampuh
30Views

Bitcoin barangkali sudah bukan nama yang asing di telinga Anda. Cryptocurrency alias mata uang digital yang satu ini dapat diperoleh dengan cara menambang alias mining secara online dan sudah ada sejak tahun 2009. Sampai sekarang, Bitcoin masih tetap populer karena nilainya yang selalu menunjukkan tren peningkatan. Dan Anda bisa juga ikut menjajal bermain Bitcoin walaupun masih pemula.

Berikut ini adalah panduan ringkas tentang cara bermain Bitcoin untuk pemula yang wajib Anda ketahui lebih dulu. Selamat membaca!

Cara Mendapatkan Bitcoin

Tentunya agar Anda bisa melakukan trading Bitcoin, Anda harus punya Bitcoin terlebih dahulu. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk memperoleh Bitcoin. Beberapa cara tersebut adalah:

1. Lewat Faucet;

2. Membeli di pasar Bitcoin; dan

3. Mining atau menambang Bitcoin.

Penjelasan untuk masing-masing cara adalah sebagai berikut.

1. Lewat Faucet.

Faucet merupakan sebuah website yang dapat menyediakan Bitcoin secara gratis. Namun, Faucet bukanlah satu-satunya. Di Faucet sendiri, Anda hanya perlu mendaftarkan diri dan masukkan alamat wallet Bitcoin Anda.

Sedangkan website lain yang menawarkan Bitcoin gratis adalah railblockscommunity.net yang menghasilkan mrai, dan mrai ini dapat Anda tukarkan dengan Bitcoin. Cara yang satu ini sudah banyak dilakukan oleh para pemain Bitcoin Indonesia.

2. Membeli Bitcoin.

Untuk membeli Bitcoin, Anda bisa memilih satu dari beberapa cara berikut ini:

a. Dengan metode instan.

Cara ini adalah yang termudah dan Anda bisa dapatkan Bitcoin secara langsung berdasarkan harga kurs yang tercantum. Jadi, Anda hanya perlu masukkan berapa nominal rupiah yang bersedia Anda bayarkan, atau memasukkan berapa Bitcoin yang Anda ingin beli. Cara ini sangat praktis, sehingga cocok bagi pemula karena Anda seolah sedang membeli mata uang asing, seperti dolar atau euro. Cara pembayarannya pun bervariasi, seperti lewat transfer bank, e-wallet, dan sebagainya.

b. Lewat bursa dan melakukan trading.

Cara yang ini lebih rumit dibandingkan metode instan di atas, namun Anda bisa mengendalikan harga Bitcoin yang ingin Anda beli. Apalagi Bitcoin memang sudah umum jadi instrumen trading untuk investasi jangka pendek yang dilakukan secara terus-menerus. Dengan demikian, Anda pun bisa mendapatkan keuntungan dari transaksi trading tersebut karena adanya selisih lebih antara harga beli Bitcoin yang Anda dapatkan dengan harga jual Bitcoin yang Anda patok.

c. Beli dari komunitas.

Cara ini juga disebut dengan istilah peer-to-peer dan Anda tidak melakukannya lewat perusahaan atau platform Bitcoin. Sebab Anda memanfaatkan jaringan komunitas atau kelompok pengguna Bitcoin untuk mendapatkannya. Meski demikian, Anda perlu berhati-hati agar tidak tertipu penjual Bitcoin abal-abal, mengingat transaksi lewat cara ini jelas tidak dijamin oleh platform apapun.

3. Menambang Bitcoin.

Seperti emas, Bitcoin juga dapat Anda peroleh dengan cara ditambang. Komputer yang canggih adalah pilihan yang paling direkomendasikan untuk mendapatkan Bitcoin dengan cara ini. Dengan cara ini, Anda akan mendapatkan Bitcoin setelah memecahkan sebuah masalah yang diberikan. Para pengguna hanya dapat menambang total 21 juta Bitcoin; jika angka tersebut sudah tercapai, penambangan harus dihentikan karena sudah tidak ada lagi Bitcoin untuk diberikan.

Ada beberapa cara untuk menambang Bitcoin, seperti:

a. Lewat Wallet Bitcoin untuk menampung Bitcoin yang didapatkan seperti bitcoin.co.id, xapo, dan coinbase;

b. Menggunakan komputer atau laptop dengan spesifikasi tinggi karena proses penambangan menyedot sumber daya laptop dalam jumlah yang besar;

c. Menambang lewat software (miner software) seperti Bitcoin Miner, Minergate, GUI Miner, dan CGMiner; dan

d. Menambang lewat pool mining bersama dengan para penambang lainnya dengan cara memecahkan soal alogaritma yang diberikan bersama-sama.