Aug 20, 2019 @ 23:16
Perbankan

Panduan Ringkas Cara Menulis Summary Bank Mandiri Agar Diterima

Cara Menulis Summary Bank Mandiri Agar Diterima
70Views

Dalam melamar pekerjaan, menulis resume summary adalah salah satu tahap yang dilakukan. Dan hal ini biasanya akan sangat menentukan apakah seorang pelamar akan lolos ke tahap selanjutnya atau tidak.

Sama halnya ketika Anda akan melamar ke Bank Mandiri. Sebagai salah satu bank terbesar di Indonesia, pasti ada ribuan orang yang juga memiliki ketertarikan yang sama. Mengingat banyaknya pelamar, maka perekrut jelas tidak akan menghabiskan waktu terlalu lama untuk membaca berkas satu per satu. Dan di sinilah resume summary yang tepat akan menentukan keberhasilan Anda dalam melangkah ke jenjang selanjutnya.

Agar tidak terlalu lama membuat Anda penasaran, berikut ini trik dan cara mengisi summary Bank Mandiri yang jitu untuk Anda coba nantinya.

Gunakan Pernyataan

Di dalam summary, tulislah prestasi penting serta keahlian Anda yang dijamin akan membedakan Anda dengan para pesaing lainnya. Karena itulah para pelamar yang sudah banyak berpengalaman sangat cocok jika menggunakan trik ini. Akan tetapi, Anda yang masih fresh graduate juga bisa menulis summary yang menarik dan persuasif, kok.

Pantang Bertele-tele

Sekali lagi, ingat bahwa perekrut hanya akan menggunakan beberapa detik saja untuk men-scan dokumen atau resume Anda. Bahkan, penelitian menunjukkan kalau waktu yang dibutuhkan hanyalah 6 detik per resume, yang dikonversikan menjadi kira-kira 20 sampai 30 kata. Jadi, hindari resume summary yang bertele-tele. Hindari paragraf yang panjang dan penggunaan kata yang “boros”.

Sebelum Menulis, Buat Daftar Pencapaian yang Ingin Ditonjolkan

Untuk membantu Anda agar tidak kebingungan saat menulis summary, Anda bisa mulai dengan membuat daftar soal kualifikasi atau pencapaian apa yang Anda ingin agar diketahui oleh perekrut. Kemudian pilih kira-kira 3 hal yang paling menonjol untuk Anda tuangkan ke dalam summary.

Apa yang Membuat Anda Unik?

Jika Anda hanya menuliskan hal-hal bersifat umum seperti pekerja keras, teliti, dan semacamnya, besar kemungkinan summary Anda tidak cukup persuasif untuk menarik perhatian perekrut. Berkacalah pada diri sendiri dan lihat kepribadian Anda: apa yang membuat Anda berbeda bahkan jika dibandingkan dengan para pelamar lain dengan pengalaman serupa? Meskipun Anda menyangka kalau hal tersebut tidak relevan dengan posisi yang Anda lamar, bisa jadi Anda salah besar.

Contoh kepribadian atau kualitas yang sifatnya unik misalnya kemampuan analisis yang cepat, menguasai bahasa asing, memiliki teknik penjualan yang tidak memaksa dan tidak berbohong, dan manajemen stres yang baik.

Cari Tahu Apa yang Jadi Kunci di Posisi yang Dilamar

Baru di sini Anda teliti apa yang jadi kunci penting di dalam posisi yang Anda lamar. Misalnya, seperti apa kepribadian yang dicari oleh perekrut serta kualifikasi atau keahlian tertentu yang memang diminta oleh perusahaan. Kaitkan kunci-kunci tersebut dengan kepribadian dan keunikan yang Anda miliki seperti yang sudah diidentifikasi pada langkah-langkah sebelumnya.

Jika Tidak Ada Ruang, Bisa Dituangkan di Bagian Lain di Resume

Daftar yang sudah Anda buat sebagai draft untuk menulis summary kemungkinan besar tidak akan digunakan semuanya. Akan tetapi, Anda tidak perlu khawatir! Hal-hal lain yang tidak sempat tertulis di dalam summary masih bisa tertera di bagian lain resume Anda, seperti bagian keahlian atau riwayat kerja.

Pada intinya, apa yang Anda tuliskan di dalam summary adalah poin-poin yang membuat Anda unik dan berbeda dibandingkan dengan para kandidat lainnya yang juga melamar posisi yang sama. Semoga cara mengisi summary Bank Mandiri ini dapat bermanfaat bagi Anda!