Sep 22, 2019 @ 14:54
Bitcoin

Seperti Apa Cara Membuat Wallet Bitcoin? Ini Lho Jawabannya!

Seperti Apa Cara Membuat Wallet Bitcoin?
139Views

Saat ini, fitur dompet alias wallet adalah fitur yang wajib ada pada berbagai platform jual-beli. Sama halnya dengan Bitcoin, di mana wallet Bitcoin alias dompet Bitcoin juga dimanfaatkan untuk menyimpan Bitcoin yang Anda miliki. Sekarang, ada berbagai situs yang menawarkan dompet Bitcoin untuk Anda manfaatkan, dan salah satunya adalah Blockchain yang sudah terkenal aman dn efisien.

Berikut ini adalah penjelasan ringkas cara membuat wallet Bitcoin di Blockchain untuk Anda simak dan coba. Selamat membaca!

Cara Membuat Dompet Bitcoin di Blockchain

1. Kunjungi situs Blockchain.

Begitu Anda sudah membuka situs Blockchain, Anda akan temukan sebuah menu bar yang menampilkan beberapa opsi menu. Klik “Wallet” atau “Dompet”, pilih “Start a new wallet”, kemudian pilih “Create my free wallet”.

2. Isi formulir registrasi.

Halaman yang akan ditampilkan adalah halaman formulir bagi Anda yang belum memiliki akun di Blockchain. Jika Anda sudah memiliki akun, Anda cukup melanjutkan proses dengan login.

Untuk mendaftarkan diri Anda dan membuat akun di Blockchain, Anda perlu memasukkan beberapa informasi seperti email, kata sandi (password), dan kode captcha yang ditampilkan. Anda pun akan diminta untuk memasukkan ulang kata sandi di dalam formulir tersebut untuk membuktikan bahwa Anda adalah benar-benar manusia dan bukannya robot.

Setelah Anda selesai mengisi formulir, akan muncul sebuah kode mnemonic. Sangat dianjurkan bagi Anda untuk menyimpan kode tersebut karena kode mnemonic itu dibutuhkan saat Anda ingin melakukan reset akun sewaktu-waktu karena lupa ID untuk login atau akun identifier Anda. Akun identifier adalah ID yang digunakan saat Anda login, dan terdiri atas kombinasi angka dengan alphabet.

Jangan lupa juga untuk simpan ID Bitcoin wallet di Blockchain Anda agar Anda tidak pernah lupa waktu akan login. Anda dapat temukan ID wallet Anda pada menu “Setting”, kemudian pilih “Wallet information”; selain ID wallet, Anda juga bisa temukan kode Mobile app pairing.

3. Login dengan ID wallet Anda.

Coba sign out dari Blockchain dan coba login dengan ID wallet yang sudah Anda simpan tadi untuk memastikan bahwa memang ID wallet yang disimpan sudah benar. Masukkan kata sandi atau password dan masuk ke dalam Bitcoin dengan akun Anda. Yang perlu diingat adalah Blockchain tidak bisa me-reset kata sandi, sehingga Anda juga sangat dianjurkan untuk menyimpan kata sandi yang sudah Anda buat untuk masuk ke Blockchain.

4. Mulai lakukan transaksi.

Untuk bisa melakukan transaksi menggunakan dompet Bitcoin, Anda harus tahu apa alamat wallet Anda. Alamat wallet berbeda dengan ID wallet, dan informasi alamat wallet bisa Anda temukan setelah Anda klik tombol “Start receiving Bitcoin”. Di kolom paling atas, Anda bisa temukan alamat wallet Anda. Sekali lagi, sangat dianjurkan untuk menyimpan alamat tersebut agar transaksi Anda di kemudian hari jadi lebih mudah dan praktis. Jika Anda ingin mengecek apakah dompet Bitcoin Anda memang sudah bisa digunakan, Anda bisa coba kunjungi situs yang menawarkan Bitcoin gratis.

Mengapa Pakai Bitcoin Wallet?

Seperti yang barangkali sudah Anda ketahui, Bitcoin tidak menawarkan fitur wallet yang bersifat permanen. Dan alamat Bitcoin yang bisa And temukan di VIP Bitcoin sifatnya hanyalah temporer, sehingga akan terus berubah demi keamanan. Jadi, jika Anda sudah berecana akan sering-sering menggunakan Bitcoin untuk bertransaksi, maka membuat Bitcoin wallet atau dompet Bitcoin sangatlah dianjurkan.