Jul 17, 2019 @ 8:01
Bitcoin

Seperti Apa Cara Memprediksi Harga Bitcoin? Ini Dia Tipsnya!

Seperti Apa Cara Memprediksi Harga Bitcoin?
243Views

Sama halnya seperti ketika Anda melakukan transaksi jual-beli mata uang pada umumnya, memerhatikan naik-turunnya harga Bitcoin adalah aktivitas yang harus Anda lakukan dengan cermat. Dengan demikian, Anda pun bisa membeli dan menjual Bitcoin pada harga yang tepat untuk mendapatkan keuntungan maksimal yang Anda harapkan.

Bagi Anda yang penasaran dengan cara memprediksi harga Bitcoin, ada beberapa tips berikut ini yang bisa dijadikan acuan. Tips berikut adalah faktor-faktor yang perlu dijadikan pertimbangan untuk memprediksi harga Bitcoin. Selamat membaca!

Tips dan Cara Prediksi Harga Bitcoin

1. Perhatikan Volume Transaksi Pembelian

Secara umum, harga Bitcoin menurun jika volume pembelian Bitcoin ikut menurun. Sebaliknya, harga Bitcoin akan mengalami kenaikan apabila volume pembelian Bitcoin meningkat. Dengan begitu, Anda bisa perhatikan angka volume pada grafik Bitcoin. Dan yang biasanya memberikan pengaruh besar adalah apabila ada trader yang melakukan transaksi jual-beli Bitcoin dalam jumlah besar, sehingga perubahan harga yang terjadi pun jadi lebih ekstrim.

2. Mencermati Isu Global Terkait Bitcoin

Mengikuti berita yang berhubungan dengan Bitcoin, termasuk rumor, juga dapat membantu Anda memprediksi harga Bitcoin. Serupa dengan pasar saham, adanya berita maupun rumor terkait perusahaan X akan memengaruhi harga saham perusahaan tersebut. Tak terkecuali dampak isu tersebut terhadap harga Bitcoin. Pada umumnya, jika ada isu negatif, maka pemilik Bitcoin akan cenderung melepas atau menjual Bitcoin sehingga nilainya turun. Sedangkan jika ada isu positif, maka banyak orang yang akan cenderung membeli Bitcoin sehingga harganya naik.

3. Jumlah Pengguna Bitcoin

Pada dasarnya, jika pengguna atau pemain Bitcoin yang berbelanja atau melakukan transaksi dengan Bitcoin yang dimiliki semakin besar, maka harga Bitcoin jadi meningkat. Sebaliknya, jika yang menjadi user hanya sedikit atau mengalami penurunan, harganya pun ikut menurun.

4. Regulasi Pemerintah Terkait Bitcoin

Regulasi ini umumnya berkaitan dengan diperbolehkan atau dilarangnya penggunaan Bitcoin di sebuah negara oleh pemerintahnya. Jadi, hal ini juga bisa dikaitkan dengan hubungan antara harga Bitcoin dengan isu global. Apabila pemerintah negara X melarang penggunaan Bitcoin, maka hal tersebut akan dipandang sebagai berita negatif yang dapat memengaruhi Bitcoin yang berakibat pada penurunan harganya. Sebaliknya, jika pemerintah negara Y memperbolehkan penggunaan Bitcoin sebagai mata uang pembayaran di negaranya, hal tersebut akan dipandang sebagai berita positif yang berdampak pada kenaikan harga Bitcoin.

Amati Perkembangan Bitcoin Secara Global

Tentu saja, perlu untuk diingat sekali lagi bahwa cara memprediksi harga Bitcoin di atas hanyalah prediksi, sehingga hasil atau outcome-nya belum tentu sesuai dengan dugaan yang dibuat. Bahkan para trader yang sudah berpengalaman pun masih memiliki peluang bahwa prediksi mereka meleset. Meski demikian, faktor-faktor di atas sudah dapat dijadikan acuan untuk memprediksi harga Bitcoin.

Mengamati perkembangan Bitcoin secara global pun adalah langkah penting, terutama melihat semakin besarnya ketertarikan para investor dari berbagai belahan dunia untuk menanamkan dana di Bitcoin karena dipandang lebih menguntungkan. Dan jika para investor beramai-ramai berinvestasi di Bitcoin, maka harganya pun akan bergerak naik.

Bagi Anda yang masih pemula, ingat bahwa permintaan atau demand adalah faktor utama yang menentukan harga Bitcoin. Kembali lagi ke poin pertama, jika volume permintaan (pembelian) Bitcoin meningkat, maka harganya pun ikut meningkat. Sedangkan jika volume permintaan menurun, termasuk karena mereka yang menjual atau melepas Bitcoin lebih banyak daripada yang membeli atau menahan, maka harganya pun akan turun.