Sep 22, 2019 @ 14:03
Bitcoin

Tidak Harus Selalu Pakai Komputer Canggih, Ini Dia Cara Mining Bitcoin dengan Android!

Ini Dia Cara Mining Bitcoin dengan Android!
380Views

Salah satu cara untuk mendapatkan Bitcoin adalah dengan cara menambang atau mining. Meski demikian, penambangan bukanlah perkara yang mudah lantaran kemampuan sistem komputer yang tinggi diperlukan untuk mendapatkan hash, yaitu produk fungsi kriptografi yang fungsinya menghubungkan satu blok penambangan ke blok lainnya. Dan dengan adanya batas jumlah Bitcoin yang bisa ditambang, maka semakin lama tingkat kesulitan penambangan pun makin besar.

Meski demikian, cara mining Bitcoin dengan Android bukanlah hal yang mustahil. Jadi, Anda tidak harus selamanya bergantung pada komputer canggih untuk bisa mendapatkan hasil dari menambang Bitcoin.

Menambang Bitcoin di Android, Mungkinkah?

Karena sifat penambangan proof-of-work yang mengutamakan penambang yang memiliki daya komputasi lebih besar, maka perangkat ASIC pun dibutuhkan. Meski demikian, walaupun Anda menggunakan perangkat lain dengan daya komputasi lebih kecil seperti smartphone berbasis Android, Anda pun masih bisa meraih hasil berupa kepingan kecil Bitcoin maupun jenis cryptocurrency lainnya, seperti Ethereum dan Litecoin.

Akan tetapi, Anda perlu memerhatikan bahwa keuntungan yang diperoleh dari cara mining Bitcoin dengan Android tidaklah besar. Hal ini dikarenakan kekuatan komputasi paling besar yang dihasilkan smartphone hanyalah 50 H/s (hashes per second), sementara angka kesulitan mining blok Bitcoin sekarang sudah mencapai di atas 5 TH/s atau tera hashes per second. Jadi, bisa dibayangkan lamanya waktu yang diperlukan hanya untuk menghasilkan 1 blok mining valid dengan komputasi sebesar 50 H/s?

Karena itu, cara mining Bitcoin dengan Android tidak pernah ditujukan bagi mereka yang ingin mendapatkan Bitcoin dalam jumlah yang besar, melainkan sekadar untuk mendapatkan Bitcoin dengan cara yang terjangkau dan mudah bagi semua orang. Sementara itu, cara mining Bitcoin dengan Android dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi.

Aplikasi Android untuk Menambang Bitcoin Lewat Smartphone

1. MinerGate Mobile Miner

Anda barangkali sudah familiar dengan nama MinerGate, yaitu software untuk menambang mata uang kripto lewat laptop biasa, termasuk Bitcoin. Nah, software ini juga memiliki aplikasi smartphone yang juga menjalankan fungsi serupa dengan tampilan yang mudah digunakan walaupun jumlah iklan pop-up yang muncul cukup banyak sehingga dapat mengganggu pengguna. Sedangkan jenis mata uang yang dapat ditambang pun termasuk Monero, Bytecoin, Dashcoin, FantomCoin, QuazarCoin, MonetaVerde, DigitalNote, dan Infinium-8. Dengan aplikasi ini, Anda pun bisa memanfaatkan fitur wallet bawaan, pengecekan harga kripto, dan fitur-fitur lainnya.

2. Crypto Miner

Walaupun secara keseluruhan Crypto Miner tidak selengkap MinerGate, aplikasi ini juga mendukung banyak varian mata uang kripto seperti Litecoin, Groestlcoin, Monero, Skeincoin, dan Yacoin. Meski demikian, ada beberapa alogaritma kripto yang tersedia harus Anda beli terlebih dahulu dengan harga $2,28. Selain itu, Anda diwajibkan bergabung ke dalam mining pool. Sementara itu, pengoperasian Crypto Miner sangat sederhana sehingga mudah untuk digunakan.

3. NeonNeon Miner

Serupa dengan Crypto Miner, NeonNeon Miner pun mewajibkan Anda untuk bergabung ke dalam mining pool. Sedangkan jenis mata uang yang bisa Anda tambang menggunakan aplikasi ini termasuk Litecoin, Vertcoin, dan Feathercoin. Selain tampilannya yang sederhana, kelebihan lain dari aplikasi ini adalah catatan pertambangan yang rinci serta script konfigurasi otomatis yang baik.

4. AA Miner

Aplikasi ini ideal bagi Anda yang menginginkan pilihan bebas iklan maupun in-app purchase yang mampu mendukung berbagai jenis mata uang kripto, termasuk DigitalNote, Bytecoin, Litecoin, Dash, dan FantomCoin. Selain itu, AA Miner pun bisa mendukung alogaritma mining CryptoNight sehingga bisa juga Anda gunakan untuk menambang mata uang seperti Altcoins dan Monero.