Jul 17, 2019 @ 12:39
Uang

Waspada, Hal Ini Sering Terlupa dalam Cara Membuat Proposal Usaha Makanan

Cara Membuat Proposal Usaha Makanan
210Views

Membuat Proposal Usaha Makanan

Cara membuat proposal usaha makanan yang baik dan benar kini mudah didapat, misalnya dengan browsing di internet. Setelah mendapat panduan membuat proposal usaha yang tepat, maka Anda bisa langsung mengaplikasikannya untuk membuat proposal bisnis makanan berkualitas. Pastikan Anda menyusun proposal sebaik mungkin hingga mendapat hasil memuaskan. Dimana tujuan untuk mendapat bantuan dana dari investor bisa tembus.

Akan tetapi, tidak jarang masih ada yang luput dalam pembuatan proposal bisnis makanan. Entah karena terburu-buru membuat proposal atau merasa unsur yang terlupa tidak penting. Padahal hampir setiap unsur di dalam proposal penting artinya. Adapun dari beberapa unsur wajib dalam proposal bisnis makanan, unsur pemasaran menjadi hal yang sering terlewatkan. Jika pun unsur tersebut dicantumkan biasanya hanya berupa strategi iklan secara umum. Sementara Anda membutuhkan proposal usaha untuk membujuk calon investor agar berkenan memberi suntikan dana.

Cara Membuat Proposal Usaha Makanan

Bila ingin proposal usaha makanan disetujui oleh pihak investor, maka jangan sia-siakan kesempatan Anda. Pasalnya investor berpengalaman tahu benar cara membaca proposal usaha yang efektif. Yakni dengan melihat penulisan proposal para investor bisa mengetahui gambaran Anda dalam mengelola uang. Para investor membutuhkan jaminan uang mereka aman saat diinvestasikan ke usaha Anda.

Adapun satu hal yang bisa membuat investor yakin yakni dengan menuliskan strategi pemasaran yang Anda rancang. Unsur ini menginformasikan cara-cara yang bakal Anda gunakan untuk mendapat keuntungan dalam penjualan. Setiap bisnis apapun jenisnya sangat bergantung dengan penjualan. Karenanya pada ulasan kali ini akan diberikan panduan cara membuat proposal usaha makanan khususnya untuk bagian strategi iklan.

Dalam strategi iklan Anda, iklan berbayar wajib Anda pertimbangkan. Misalnya iklan mengenai usaha makanan Anda yang dipasang di beberapa media periklanan. Hal ini seperlu membantu usaha Anda agar lebih dikenal oleh masyarakat. Beberapa media iklan yang bisa Anda gunakan diantaranya yaitu:

  • Iklan Koran

Iklan di koran bisa Anda buat untuk ukuran iklan 2 kolom per 3 inchi. Lengkapi dengan lokasi dan juga kontak yang bisa dihubungi. Hanya saja cara ini benar mengharuskan Anda membayar sejumlah biaya iklan.

  • Iklan Radio

Dalam proposal usaha makanan yang Anda buat tidak ada salahnya juga jika berencana memasarkan usaha melalui iklan radio. Manfaatkan sejumlah radio lokal untuk menemukan konsumen Anda. Dengan demikian usaha makanan Anda akan lebih dikenal. Investor yang melihat ide kreatif Anda dalam beriklan tentu akan lebih yakin.

Proposal usaha termasuk bisnis plan yang dituangkan dalam bentuk tulisan. Dalam menjalankan suatu bisnis memang benar take action adalah hal paling penting. Karena berdiam diri tidak akan membuat usaha Anda berjalan dan berkembang pesat. Akan tetapi, membuat bisnis plan juga penting agar aksi Anda menjadi lebih terarah. Ibarat kata proposal usaha adalah peta atau petunjuk arah yang harus Anda ikuti step by step. Dengan demikian usaha Anda bisa mencapai tujuan yang sudah ditetapkan sebelumnya.

Dalam membuat proposal bisnis makanan, unsur-unsur lain juga harus dituliskan secara terperinci. Mulai dari pendahuluan yang berisi latar belakang, visi dan misi, tujuan, dan uraian singkat mengenai usaha. Setelah itu berlanjut tentang profil perusahaan, struktur organisasi, produk, target pasar, promosi dan pemasaran, laporan keuangan, penutup, dan terakhir lampiran. Sekian ulasan mengenai cara membuat proposal usaha makanan kali ini semoga bermanfaat.