Jul 17, 2019 @ 12:39
Uang

Yuk Intip 4 Cara Memulai Usaha dengan Modal Kecil Ini!

4 Cara Memulai Usaha dengan Modal Kecil Ini
189Views

Memulai Usaha Modal Kecil

Bagaimana cara memulai usaha dengan modal kecil? Saat akan membuka usaha baru sering kali masalah modal usaha menjadi pikiran utama. Terutama modal dana untuk menjalankan usaha baru. Perlu Anda ketahui modal dana memang penting, tapi tidak lantas berarti Anda harus mengurungkan niat usaha Anda hanya karena terkendala modal.

Memulai usaha modal kecil bisa dipilih sebagai alternatif saat modal usaha terbatas. Kuncinya Anda hanya perlu tampil percaya diri dan tidak takut gagal. Risiko usaha gagal pasti ada dalam usaha. Adapun risiko tersebut tidak perlu ditakuti melainkan perlu diwapadai. Ingin memulai usaha modal kecil, berikut beberapa caranya spesial diberikan untuk Anda:

  1. Menghitung Modal yang Tersedia dan Dibutuhkan

Bagi Anda yang ingin memulai usaha baru, tentu sudah tahu usaha seperti apa yang akan dijalankan. Selain memantapkan jenis usaha yang bakal dirilis, Anda harus menghitung kebutuhan modal. Hitung secara teliti mencakup modal tahap awal penyediaan produk atau jasa sampai pengiriman produk kepada konsumen. Pastikan semua unsur pendukung usaha Anda sudah dihitung.

Adapun bila dari hasil hitungan Anda mendapati nominal besar, maka Anda perlu mengambil langkah alternatif. Dalam suatu usaha ada biaya tetap dan biaya variabel. Upayakan perubahan pada biaya variabel agar bisa menghemat pengeluaran modal dan memaksimalkan keuntungan usaha.

  1. Menghemat Biaya Operasional

Cara memulai usaha dengan modal kecil selanjutnya adalah menghemat biaya operasional. Sebagai pemula sebenarnya Anda tidak harus menjadi produsen sekaligus. Anda bisa memulai usaha modal kecil Anda dengan mengambil barang dari produsen lain lebih dulu. Hal ini setidaknya bisa membantu menghemat biaya operasional.

Akan tetapi, jika Anda bersikeras memproduksi produk sendiri maka usahan perubahan pada biaya variabel. Yakni biaya yang masih memungkinkan dilakukan perubahan. Misalnya mempertimbangkan bahan kedua untuk produk yang akan dijual atau cara lain dalam mengadakan produk. Hanya saja memang hal ini berarti bisa mempengaruhi kualitas produk yang akan Anda jual.

  1. Usaha Tanpa Sewa Tempat

Tidak dipungkiri menyewa tempat usaha termasuk poin yang memakan anggaran cukup besar. Karena harga sewa ruko atau pabrik tidaklah murah. Karenanya Anda wajib mempertimbangkan usaha tanpa sewa tempat. Bila Anda memiliki ruang kosong di rumah, maka manfaatkan ruang yang tersedia. Gunakan ruang yang ada sebaik mungkin sebagai tempat produksi.

Mungkin selanjutnya Anda mempertimbangkan tempat jualan. Sebagai pemula Anda tidak harus memiliki toko sendiri. Jika memang memiliki garasi atau tempat yang terhubung dengan sisi depan rumah Anda bisa menggunakannya sebagai tempat memajang produk. Tetapi bila tidak, tenang Anda bisa memanfaatkan internet untuk membuat lapak online gratis ataupun menitipkan produk di tempat-tempat lain.

  1. Andalkan Kemampuan Diri

Untuk memulai usaha modal kecil sebenarnya Anda dapat mengandalkan kemampuan diri sendiri. Sebagai contoh, Anda ahli menjahit bisa membuka jasa jahit di rumah. Jika memiliki keahlian membuat kue bisa membuka toko kue atau jasa pesanan kue di rumah. Karenanya manfaatkan apa yang menjadi kemampuan Anda sebaik mungkin. Seiring waktu jika Anda bisa konsisten, maka seiring waktu Anda bisa panen pundi-pundi keuntungan lebih maksimal.

Memulai usaha baru benar tidak bisa terlepas dari kebutuhan modal. Mulai dari modal kemampuan sampai modal dana. Adapun meski memiliki modal dana terbatas Anda tetap bisa menjalankan usaha baru. Sekian ulasan kali ini, semoga sukses dengan cara memulai usaha dengan modal kecil di atas.