Aug 20, 2019 @ 5:19
Uang

5 Cara Menghemat Uang yang Bisa Diterapkan Sehari-Hari

5 Cara Menghemat Uang Diterapkan Sehari-Hari
31Views

Menghemat Uang dengan Cara Mudah

Ada banyak cara menghemat uang yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Tidak harus muluk-muluk, Anda bisa memulai penghematan dari beberapa hal kecil. Penghematan kecil sekilas mungkin tidak cukup berarti. Akan tetapi sebenarnya akumulasi dari penghematan kecil tersebut bisa memberi hasil lumayan. Bayangkan saja jika dalam sehari Anda bisa menghemat 5000 rupiah, berapa banyak uang yang bisa Anda hemat dalam satu bulan? Adapun berikut beberapa hal kecil yang sebaiknya mulai Anda terapkan untuk penghematan uang:

  1. Membiasakan Jalan Kaki

Cara pertama yang bisa Anda terapkan mulai sekarang yaitu membiasakan diri untuk berjalan kaki. Bila sebelumnya Anda sering bepergian naik ojek atau kendaraan umum lain, coba dulu dengan berjalan kaki untuk bepergian jarak dekat. Hal ini cukup efektif membantu menghemat pengeluaran setidaknya sekitar 5 ribu rupiah untuk sekali jalan. Adapun jika lokasi tempat bekerja tidak jauh dari rumah, mengapa tidak berjalan kaki atau naik sepeda?

  1. Memangkas Budget Liburan

Meski harus berhemat, tetapi Anda tetap berhak untuk liburan mencari kesenangan. Tetap rencanakan liburan seru Anda dengan kebijakan memangkas budget liburan. Utamakan memilih tempat wisata murah yang mudah dijangkau. Dalam hal ini wisata alam bisa jadi ide menarik yang terbukti lebih hemat dibanding pergi ke pusat perbelanjaan. Mengapa tidak? Wisata alam biasanya hanya mengharuskan Anda membayar tiket masuk dan malah banyak pula yang gratis.

  1. Pangkas Pengeluaran Hangout

Sebagai makhluk sosial Anda jelas membutuhkan sosialisasi, seperti hangout atau berkumpul dengan teman. Sayangkan kegiatan hangout kerap menghasilkan pengeluaran tak terduga. Apalagi saat ngobrol di kafe yang notabene menu makanan atau minumannya dibandrol mahal. Sebagai tips atau cara menghemat uang sebaiknya Anda mengisi perut sebelum hangout. Sehingga saat di kafe Anda cukup memesan minuman atau camilan harga terjangkau.

  1. Memanfaatkan Wifi Kantor

Tidak dipungkiri internet menjadi salah satu kebutuhan masyarakat milenial. Netizen membutuhkan kuota untuk mengakses media sosial, chatting, dan lainnya.  Hal ini pun berdampak pada pengeluaran lebih sekedar untuk membeli paket kuota. Dalam rangka berhemat, sebenarnya Anda bisa memanfaatkan wifi kantor untuk berselancar di dunia maya. Cara ini setidaknya membantu menghemat kuota internet Anda selama waktu kerja.

  1. Membawa Bekal Sendiri

Upaya menghemat pengeluaran berikutnya adalah dengan membawa bekal sendiri. Baik bekal makanan ataupun minuman. Hal ini mengingat makan di warung makan atau restoran cukup memangkas anggaran bulanan. Dengan membawa bekal makan dan minum sendiri setidaknya Anda bisa berhemat mulai dari 15 sampai 20 ribu rupiah. Cukup lumayan bukan?

Itulah beberapa cara menghemat pengeluaran harian Anda. Uang yang berhasil dihemat selanjutnya perlu ditabung, Anda bisa memutuskan untuk menabung sendiri di rumah atau di bank. Dalam hal ini pertimbangkan tabungan secara berencana dengan sistem yang ketat. Misalnya Anda menetapkan jumlah uang yang mesti disisihkan atau ditabung. Bila ternyata uang yang Anda tabung kurang dari batasan, jangan sungkan untuk memberlakukan denda pada diri sendiri. Dengan sistem ketat ini sekiranya bisa membantu Anda menyisihkan uang secara efektif.

Beberapa cara penghematan yang di sebutkan di atas sebenarnya tidak sulit dilakukan. Hanya memang dibutuhkan kesadaran dan konsistensi yang mana hal inilah yang tidak mudah dibangun. Karenanya cara menghemat uang terbaik adalah menumbuhkan kesadaran dan konsistensi diri sendiri lebih dulu.