Oct 21, 2019 @ 21:01
Bitcoin

Jangan Bingung! Sekarang Ada Berbagai Cara Deposit Bitcoin yang Bisa Anda Coba

Ada Berbagai Cara Deposit Bitcoin Bisa Anda Coba
483Views

Anda barangkali masih merasa kebingungan ketika ingin melakukan deposit Bitcoin. Sebenarnya, ada beberapa cara deposit Bitcoin yang dapat Anda pilih dan coba sesuai dengan preferensi Anda sendiri. Misalnya, Anda bisa pilih deposit lewat ATM karena lebih praktis.

Untuk lebih lengkap dan jelasnya, berikut ini ulasan ringkas cara deposit Bitcoin yang bisa langsung Anda coba mulai saat ini juga. Selamat membaca!

Cara Membeli Bitcoin

Agar Anda bisa membeli Bitcoin, maka Anda harus memiliki saldo terlebih dahulu. Pada pembahasan ini, yang akan dijelaskan adalah cara deposit Bitcoindengan menggunakan saldo rupiah. Apabila Anda lebih condong menggunakan mata uang dolar untuk membeli atau deposit Bitcoin, caranya lebih kurang juga serupa. Hanya saja, tentu website yang digunakan berbeda. Sedangkan untuk ulasan berikut ini, website yang menjadi contoh adalah Indodax.com.

Tentu saja, Anda perlu mendaftarkan diri Anda di Indodax.com terlebih dahulu sebelum bisa memanfaatkan layanan deposit rupiah maupun Bitcoin yang ingin Anda gunakan. Indodax.com juga menawarkan fasilitas jual-beli alias trading berbagai jenis mata uang kripto selain Bitcoin.

1. Isi saldo rupiah.

Untuk mengisi saldo rupiah, klik “Saldo Asset” kemudian transfer sejumlah yang Anda inginkan ke Indodax.com; jumlah itu adalah jumlah rupiah yang Anda ingin bayarkan untuk membeli Bitcoin. Instruksinya sendiri sudah tertera pada halaman menu tersebut, termasuk pilihan metode pembayaran. Untuk metode pembayarannya sendiri, Anda bisa melakukannya secara tunai, menggunakan voucher Indodax, melalui transfer bank, atau lewat e-wallet.

2. Deposit rupiah lewat transfer bank atau ATM.

Apabila Anda memilih metode pembayaran melalui transfer bank, isilah formulir Konfirmasi Transfer. PAstikan pula bahwa deposit Anda dilakukan dari rekening bank yang beratasnamakan nama Anda sendiri, bukannya orang lain. Setelah itu, tim akan melakukan validasi seposit yang Anda lakukan; saldo yang Anda transfer biasanya akan masuk dalam kurun waktu 15 sampai 60 menit pada hari dan jam kerja.

3. Deposit rupiah dengan uang tunai.

Cara ini bisa Anda pilih jika Anda ingin melakukn deposit rupiah dengan uang tunai. Masukkan “Tunai” pada kolom Sumber Dana di formulir Infor Dana, kemudian pilih metode yang sesuai dengan keinginan Anda. Opsinya adalah setor tunai lewat Bank Sinarmas atau transaksi tunai di kantor cabang Indodax. Pastikan bahwa Anda melakukan pembayaran sebelum batas tanggal yang telah ditentukan sistem. Jika transfer Anda sudah divalidasi, maka saldo rupiah Anda akan bertambah.

4. Membeli Bitcoin.

Jika saldo rupiah Anda sudah bertambah, maka Anda bisa membeli Bitcoin. Masuk ke menu “Beli/Jual Bitcoin Instan” dan masukkan nominal rupiah yang Anda ingin tukarkan ke Bitcoin. Catat bahwa jumlah minimal yang diperbolehkan adalah Rp 50.000. Klik tombol “Lanjutkan” dan saldo Bitcoin Anda akan bertambah. Dengan metode ini, Anda akan dikenai fee yang persentasenya didasarkan pada nominal transaksi pembelian Bitcoin.

Cara lainnya adalah dengan membeli Bitcoin berdasarkan harga beli yang Anda inginkan. Kalau demikian, caranya adalah dengan membuat order beli pada menu “Bitcoin Spot Market” dan masukkan nominal rupiah serta harga beli yang diinginkan, kemudian pilih “Lanjutkan”. Order Anda akan menunjukkan status pending sampai harga pasar menyentuh harga beli yang telah Anda tentukan sebelumnya. Untuk cara ini, tidak ada fee yang dikenakan dan Anda pun bisa membatalkan order tersebut kapan saja Anda inginkan.

Baik dengan cara instan atau lewat Bitcoin Spot Market, saldo Bitcoin Anda akan muncul dan bertambah secara otomatis begitu pembelian atau order spot market Anda sudah selesai.