Oct 21, 2019 @ 21:21
Bitcoin

Ingin Tahu Cara Mendapatkan Uang dari Bitcoin? Ini Dia Jawabannya!

Ingin Tahu Cara Mendapatkan Uang dari Bitcoin?
407Views

Saat ini, transaksi yang terjadi di internet tidak harus selalu menggunakan mata uang asli untuk pembayarannya. Sebab, sekarang sudah ada berbagai jenis mata uang online atau cryptocurrency seperti Bitcoin. Tapi Anda tidak perlu cemas karena Bitcoin ini juga bisa dikonversikan ke mata uang yang biasa digunakan di kehidupan sehari-hari, termasuk dolar dan rupiah.

Berikut ini adalah beberapa ide cara mendapatkan uang dari Bitcoin yang bisa Anda coba!

Bagaimana Cara Mendapatkan Uang dari Bitcoin?

1. Dengan trading Bitcoin.

Anda bisa lakukan trading alias transaksi jual-beli Bitcoin. Prinsipnya secara garis besar sama seperti transaksi jual-beli pada umumnya, yaitu membeli pada saat harga Bitcoin murah, dan menjualnya pada angka yang lebih mahal. Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan untung dari selisih harga beli dan harga jual tersebut. Sedangkan cara tradingnya bisa dilakukan secara langsung tanpa perantara lewat P2P atau peer-to-peer, atau dengan memanfaatkan jasa perantara seperti broker dan marketplace.

2. Lewat penghasilan mikro.

Dengan cara ini, Anda akan diminta untuk melakukan beberapa tugas atau pekerjaan yang sepele, dan mendapatkan Bitcoin sebagai imbalannya. Meskipun cara ini merupakan cara mendapatkan uang dari Bitcoin yang termudah, tapi cara ini menuntut banyak waktu.

Ada berbagai cara atau situs yang menawarkan imbalan berupa Bitcoin dengan cara ini, seperti:

a.     PTC atau paid to click, di mana Anda akan diminta untuk mengunjungi situs atau iklan selama beberapa detik sesuai yang diminta, lalu mendapatkan imbalan. Contohnya adalah situs Ads4BTC.

b.     Jadi pengguna situs faucet Bitcoin yang menawarkan sejumlah kecil Bitcoin sebagai imbalan kepada pengguna.

c.     Situs-situs lain yang menawarkan pekerjaan kecil dengan Bitcoin sebagai imbalan, seperti Coinworker. Jenis pekerjaan yang ditawarkan misalnya me-retweet sebuah tweet, mengecek apakah sebuah plug-in memang sudah kompatibel dengan browser yang digunakan, dan sebagainya.

3. Dengan menjual produk, baik barang atau jasa.

Karena Bitcoin merupakan mata uang, maka Anda bisa juga menggunakan Bitcoin ini sebagai mata uang alat pembayaran yang Anda terima. Caranya sendiri serupa seperti ketika Anda menjual produk yang Anda miliki, baik itu berupa barang maupun jasa. Kemudian, Anda bisa menerima pembayaran dengan Bitcoin sebagai mata uangnya. Saat ini, menggunakan Bitcoin sebagai alat pembayaran sudah tak lagi asing dilakukan, termasuk di Indonesia. Bahkan tokonya pun tidak harus selalu online, karena ada juga beberapa toko offline yang juga menerima pembayaran dengan mata uang Bitcoin.

4. Dengan menambang Bitcoin.

Cara ini bisa dikataka sebagai cara yang paling umum untuk mendapatkan uang atau kekayaan lewat Bitcoin. Apalagi memang Bitcoin diperoleh dengan cara menambang secara virtual. Ada sebuah soal alogaritma kompleks yang diberikan kepada penambang dan harus diselesaikan jika penambang ingin membuat blok baru. Jika alogaritma tersebut dipecahkan, blok baru itu pun akhirnya terbentuk sehingga penambang yang memecahkannya pun menerima Bitcoin sebagai imbalannya.

5. Dengan berinvestasi di Bitcoin.

Prinsip investasi Bitcoin nyaris serupa dengan trading Bitcoin, hanya saja jangka waktunya yang panjang, bahkan sampai bertahun-tahun. Caranya adalah dengan membeli Bitcoin dengan harga murah, kemudian menyimpannya sampai beberapa tahun untuk kemudian dijual lagi demi mendapatkan keuntungan besar. Cara ini sangat menggiurkan, mengingat nilai Bitcoin terhadap dolar yang selalu meningkat pesat dari tahun ke tahun. Buktinya, 1 BTC yang awalnya hanya dihargai senilai kurang dari 1 sen dalam dolar AS pada tahun 2009, nilainya naik jadi 0,31 USD pada tahun 2010. Dan di akhir tahun 2017, nilainya sudah melonjak nyaris mencapai 20,000 USD.