Aug 20, 2019 @ 22:24
Uang

Bebas Ribet dan Tanpa ATM, Ini Dia Cara Transfer Uang Lewat Indomaret!

Ini Dia Cara Transfer Uang Lewat Indomaret!
40Views

Saat ini, Anda sudah tidak perlu lagi bergantung hanya pada layanan perbankan untuk mengirim uang, baik itu lewat ATM, internet banking, atau mobile banking. Sebab, sekarang Anda sudah bisa transfer uang lewat beberapa gerai minimarket yang tersebar di penjuru Indonesia, termasuk Indomaret. Hal ini dikarenakan adanya program kerja sama antara Indomaret dengan Western Union, sehingga Anda juga bisa menarik dana yang dikirimkan kepada Anda lewat layanan yang sama. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan cara ini ketika Anda akan mengirimkan dana kepada seseorang yang sedang tidak memiliki akses ATM. Apalagi, seperti yang sudah Anda ketahui, gerai Indomaret tersebar ke berbagai lokasi di penjuru Tanah Air, bahkan sampai ke area pedesaan sekalipun.

Lantas, bagaimana cara transfer uang lewat Indomaret? Berikut ini adalah ulasannya.

Cara Mengirim Uang Lewat Indomaret

Selain uang yang akan Anda transfer, jangan lupa juga beberapa syarat penting lainnya yang diharuskan ketika Anda akan melakukan transfer dana melalui jaringan Indomaret. Syarat-syarat tersebut adalah sebagai berikut:

a.     Kartu tanda identitas (KTP atau SIM asli dan bukan fotokopi);

b.     Nomor HP Anda sebagai pengirim;

c.     Nomor HP penerima dana; dan

d.     Uang yang akan ditransfer.

Jadi, untuk cara transfer uang lewat Indomaret, Anda sama sekali tidak perlu menggunakan ATM. Jadi, bahkan jika Anda sedang tidak bisa mengakses layanan perbankan tapi Anda butuh mengirimkan uang, solusi ini bisa jadi alternatif yang ideal.

Kemudian, hal lain yang perlu Anda ketahui adalah adanya biaya administrasi untuk setiap transaksi pengiriman uang yang Anda lakukan. Biaya tersebut akan dibebankan kepada Anda sebagai pengirim dana. Sedangkan besarnya biaya administrasi adalah Rp 15.000 per transaksi.

Jika syarat-syarat tersebut sudah dilengkapi, maka Anda bisa langsung datang ke gerai Indomaret terdekat dari rumah atau tempat kerja Anda. Langsung hampiri kasir, yang akan membantu Anda melakukan transfer dana. Kasir tersebut nanti akan meminta syarat-syarat yang sudah disebutkan di atas; nomor HP dibutuhkan agar sistem dapat mengirimkan SMS notifikasi yang berisi kode penarikan, atau MTCN (Money Transfer Control Number). Kode tersebut jangan sampai hilang dan bersifat rahasia. Sebab, kode itu nanti akan dibutuhkan ketika penerima dana pergi ke cabang Indomaret terdekat untuk menarik uang yang telah dikirimkan, sehingga Anda pun perlu memastikan kalau nomor HP penerima dana aktif untuk meneruskan pesan berisikan kode tersebut. Kode penarikan juga dapat ditemukan pada slip bukti pengiriman yang akan diberikan kepada Anda.

Mengapa Transfer Uang Lewat Indomaret?

Melihat ulasan ringkas soal cara transfer uang lewat Indomaret di atas, Anda barangkali langsung teringat akan fasilitas pengiriman dana yang juga disediakan oleh POS Indonesia. Akan tetapi, jika Anda menggunakan layanan POS, biasanya kendalanya adalah jam operasional kantor. Sedangkan Indomaret punya jam operasi yang lebih lama, bahkan untuk gerai yang tidak buka selama 24 jam.

Apakah Aman Transfer Uang Lewat Indomaret?

Uang yang dikirim lewat Indomaret dijamin akan sampai ke tangan penerima dengan aman dan juga cepat. Akan tetapi, tentu saja Anda perlu pastikan bahwa kode pengiriman jangan sampai bocor atau diketahui oleh orang lain selain si penerima dana. Meski demikian, mengingat layanan ini pun memanfaatkan jaringan Western Union, maka prosesnya bisa dikatakan 100% aman dan terpercaya.

Itulah ulasan singkat tentang cara transfer uang lewat Indomaret. Semoga bermanfaat!