Aug 20, 2019 @ 22:25
Saham

Cara Bermain Saham Dengan Modal Kecil

Cara Bermain Saham Dengan Modal Kecil
94Views

Mindset adalah cara bermain saham dengan modal kecil. Prinsip ini wajib anda pegang terlebih dahulu sebelum benar-benar memutuskan terjun ke praktik investasi saham. Mindset yang seperti apa? Kita mulai dulu dari latar belakangnya berikut.

Investasi Saham

Praktik investasi saham memang terdengar keren. Mengesankan bahwa ada banyak modal dan hasil yang diterima pelakunya. Dan praktik investasi saham selalu identik dengan modal yang besar. Namun tidak demikian di jaman sekarang. Situasinya berbeda dengan beberapa tahun lalu yang menuntut modal cukup tinggi jika seseorang hendak melakukan investasi. Saat ini, bahkan dengan modal sebesar 500 ribu rupiah saja bisa ikut investasi.

Namun ada satu catatan penting juga di sini. Makin kecil modal investasi, resikonya pun tidak seberapa dibandingkan dengan modal investasi yang sangat besar.

Persoalannya, yang akan kita bahas ini, adalah mindset. Karena dari mindset yang tepat itulah kita bisa bermain saham meskipun modalnya kecil. Mindset seperti apa? Bahwa praktik main saham, khususnya jika menggunakan modal kecil, adalah trading. Yaitu menjualnya kembali pada saat harga saham tinggi, dan membelinya jika harga terjangkau bagi si trader.

Salah Persepsi tentang Saham

Yang menimbulkan kesalahan praktik investasi ialah persepsi yang tidak tepat tentang saham. Banyak orang mengira bahwa jika sudah investasi saham, profit yang akan dihasilkan sangat menguntungkan. Praktik investasi juga bisa merugikan. Dan faktanya, hal itu sering dialami para investor pemula yang tidak memahami sama sekali pemetaan dan praktik konkrit investasi saham.

Lalu, apa yang seharusnya anda lakukan dengan modal kecil untuk investasi saham?

Berapa Kesiapan Modal Anda?

Ini harus sangat jelas dari awal. Anda sudah menyiapkan dana yang akan digunakan investasi atau membeli saham. Dalam praktik investasi, modal sekecil apa pun selalu bisa menghasilkan keuntungan. Dengan menempatkan mindset bahwa anda akan membeli dan menjualnya di waktu yang tepat, niscaya lama kelamaan profit yang dihasilkan bakal memuaskan.

Pilih Perusahaan Sekuritas dengan Harga Saham Rendah

Selanjutnya adalah memprioritaskan harga saham paling rendah yang diterbitkan oleh beberapa perusahaan. Sebelumnya, anda sudah menemukan lebih dari satu perusahaan yang menerbitkan harga saham lalu bandingkan satu demi satu mana yang bakal cocok dengan kesiapan modal anda. Perusahaan yang akan anda pilih itu harus jelas reputasinya alias sudah terpercaya.

Jika anda sudah yakin dengan pilihan perusahaan itu, silahkan bergabung dengan cara mendaftar. Nanti anda akan menyetorkan jumlah minimal untuk membuka rekening dan melakukan konfirmasi. Anda tidak akan bisa menjalani transaksi di bursa saham kalau belum menyetor dana dengan membuka rekening.

Membeli Saham

Dalam praktik investasi saham ada istilah lot yang merujuk pada satuan bernilai 100 saham. Sebagai contoh, anda akan membeli saham dengan nilai 500 ribu rupiah. Dari nilai itu yang bisa anda beli adalah 1 lot atau 100 lembar saham bernilai 5000 rupiah. Sangat murah bukan? Tidak masalah jika anda hendak main saham dengan modal sebesar itu. Jangan dulu terpancing pada tawaran harga  saham lain yang lebih tinggi karena anda mestinya sadar dengan risiko yang juga tinggi.

Cukup banyak perusahaan yang menawarkan harga saham rendah. Anda selalu bisa mengawalinya dari nilai kecil dan pada saatnya nanti dapat memutuskan strategi baru dengan modal yang lebih tinggi. Saham dari modal yang kecil selalu menyimpan potensi yang menjanjikan.