Sep 22, 2019 @ 14:22
Uang

Cara Memulai Usaha Tanpa Modal Materiil, Poin Keempat Amat Penting

Cara Memulai Usaha Tanpa Modal Materiil
371Views

Memulai Usaha Tanpa Modal

Cara memulai usaha tanpa modal apa mungkin dilakukan? Memulai usaha adalah langkah tepat untuk mengatasi ketatnya persaingan mencari pekerjaan. Dengan membuka usaha sendiri Anda berpeluang memanen keuntungan besar. Akan tetapi, untung hanya bisa Anda dapatkan jika usaha berjalan mulus dan mampu menghadapi setiap risiko usaha yang ada.

Di satu sisi, memang benar membuka usaha baru tanpa modal terdengar mustahil. Tapi kebutuhan akan modal bisa ditekan dengan mengupayakan beberapa cara. Terutama modal materiil atau dana anggaran. Berikut beberapa cara yang dimaksud, yaitu:

  • Mencari Produk Fisik

Cara memulai usaha tanpa modal pertama yakni dengan mencari produk fisik. Anda bisa mengajak kerjasama produsen yang membuat produk fisik, baik kaos, topi, sepatu, kain, atau lainnya. Ajak negosiasi agar Anda bisa ikut serta menjual produk mereka. Pastikan Anda bisa mengambil barang saat sudah ada pesanan, sehingga Anda tidak harus menyediakan modal untuk membeli produk lebih dulu.

Sistem reseller pilihan terbaik untuk memulai usaha tanpa modal. Sekarang ini pun banyak pihak produsen yang membuka kerjasama dengan reseller. Supaya bisa mendapat produk terbaik, tidak ada salahnya jika Anda melakukan survey pasar lebih dulu. Pertimbangkan produk-produk yang banyak dibutuhkan pasar guna memudahkan strategi pemasaran Anda.

  • Menawarkan Produk Secara Online dan Offline

Setelah mendapat produk fisik yang ingin dijual, lanjutkan dengan menyiapkan strategi pemasaran. Melihat perkembangan teknologi yang ada, sebaiknya Anda memanfaatkan teknologi internet dengan membuat lapak online shop. Namun, jangan tinggalkan cara konvensional dalam berjualan. Jika keduanya bisa berjalan beriringa, maka itu lebih baik.

Mengenai lapak online shop Anda bisa membuat website gratis ataupun membuat akun medsos lain untuk jualan. Dewasa ini pun banyak pebisnis online menawarkan produknya di Facebook, Tweeter, Instagram, atau lainnya. Untuk menjalankan sistem online Anda perlu memiliki gambar atau foto produk yang bisa didapat dari produsen. Pastikan foto produk bagus, jernih, jelas, dan sesuai kondisi asli. Lengkapi dengan deskripsi produk agar calon pembeli mengetahui sekilas gambaran spesifikasi produk. Hal ini bisa Anda Anda lakukan tanpa harus keluar modal.

  • Menyebarkan Link

Situs online shop yang Anda miliki harus diketahui oleh masyarakat. Terutama mereka yang menjadi target pasar Anda. Karenanya sebarkan info seputar akun website dan media sosial jualan yang Anda punya ke banyak tempat. Kegiatan menyebar link sendiri bisa dilakukan mulai dari cara gratis hingga berbayar. Bagi Anda yang ingin menghemat pengeluaran atau terbatas dengan ketersediaan modal, maka cara memulai usaha tanpa modal dengan menyebar link online shop sendiri perlu dilakukan.

  • Selalu Komunikatif

Bisa bersikap komunikatif terutama di media sosial akan sangat membantu usaha tanpa modal yang Anda jalankan. Salah satunya dalam upaya membangun image bagus untuk usaha Anda. Dengan bersikap komunikatif, misalnya aktif memberi tanggapan, menjawab pertanyaan, atau lainnya bisa membantu meningkatkan popularitas bisnis Anda.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda upayakan untuk menjalankan usaha tanpa modal. Namun, sebenarnya perlu diketahui modal usaha tidak lantas berarti modal materiil. Lantaran dalam menjalankan usaha juga diperlukan modal penting lainnya seperti keyakinan dan tekad yang kuat. Karenanya menjalankan usaha tanpa modal sama sekali sejatinya memang tidak mungkin. Karena minimal Anda membutuhkan modal yakin dan tekad sungguh-sungguh agar selalu konsisten menjalankan usaha baru. Meski demikian beberapa cara memulai usaha tanpa modal materiil di atas bisa Anda coba untuk membantu membuka usaha baru.