Aug 20, 2019 @ 5:25
Perbankan

Ingin Tahu Bagaimana Cara Menabung di Bank Mandiri? Baca Dulu!

Bagaimana Cara Menabung di Bank Mandiri
79Views

Anda pasti sudah tahu pentingnya menabung. Dan sekarang ini, Anda sudah tidak perlu bingung lagi ketika harus memilih ingin menabung di bank apa karena pilihan bank yang ada sangat bervariasi. Bahkan masing-masing bank menawarkan produk tabungan yang berbeda-beda juga sehingga Anda bisa bebas memilih sesuai dengan kebutuhan.

Dan bagi Anda yang ingin menabung di Bank Mandiri, maka artikel ini jelas jangan sampai Anda lewatkan. Ini dia panduan dan cara menabung di Bank Mandiri yang perlu Anda baca!

Jenis-Jenis Produk tabungan Mandiri

Sebelum membahas cara menabung di Bank Mandiri, Anda perlu mendapatkan informasi tentang produk tabungan apa saja yang ditawarkan. Berikut ini ulasan ringkasnya.

1. Mandiri Tabungan

Produk tabungan yang satu ini dapat Anda miliki dengan setoran awal sebesar minimal Rp 500.000. Biaya administrasi bulanan juga dikenakan kepada nasabah.

2. Mandiri TabunganKu

Untuk produk Mandiri TabunganKu, setoran awal cukup sebesar Rp 20.000 saja, dan setoran selanjutnya adalah minimal Rp 10.000. Tidak ada biaya administrasi bulanan yang dibebankan kepada nasabah. Meski demikian, ada banyak keterbatasan fasilitas transaksi dengan rekening TabunganKu, seperti jumlah penarikan tunai yang dibatasi dan transaksi yang hanya bisa dilakukan dengan sesama rekening Mandiri.

3. Tabungan Haji

Seperti yang ditunjukkan namanya, rekening ini memang dikhususkan untuk para nasabah yang ingin menabung untuk kebutuhan haji. Setoran awal saat membuka rekening adalah minimal Rp 500.000 dan setoran selanjutnya adalah minimal Rp 100.000. Saldo minimal yang mengendap adalah Rp 100.000, dan tidak ada biaya administrasi bulanan yang dibebankan.

4. Tabungan Bisnis

Untuk Mandiri Tabungan Bisnis, setoran awal adalah minimal Rp 1.000.000. Berbeda dengan jenis tabungan lainnya, ada saldo akhir bulan minimal yang perlu dipenuhi, yaitu Rp 10.000.000, serta saldo minimal harian sebesar Rp 10.000. Ada biaya administrasi bulanan yang dibebankan kepada nasabah pemilik tabungan ini.

Cara Menabung di Bank Mandiri

Untuk dapat menabung di Bank Mandiri, tentunya Anda perlu memiliki rekening dulu. Jadi, awali dengan membuka rekening tabungan Mandiri dengan memenuhi dan membawa berbagai persyaratan lengkap yang diminta. Persyaratan yang diminta umumnya adalah:

  1. Kartu identitas (e-KTP, KTM, atau Kartu Pelajar untuk Warga Negara Indonesia, atau Paspor dan KITAP/KITAS/KIMS untuk Warga Negara Asing);

  2. NPWP (tidak wajib);

  3. Nomor HP yang aktif;

  4. Uang setoran minimal berdasarkan jenis tabungan yang akan dibuka;

  5. Untuk calon nasabah yang berasal dari luar kota, ada syarat tambahan yaitu Surat Keterangan Kerja atau Surat Keterangan Domisili dari aparat pemerintah tempat calon nasabah sekarang menetap.

Proses pengajuan nasabah baru yang ingin membuka rekening tabungan di Mandiri biasanya hanya memakan waktu maksimal 30 menit. Setelah proses pengajuan selesai, biasanya nasabah akan diminta untuk menunggu sebentar sampai akhirnya tabungan aktif dan kartu ATM sudah bisa digunakan.

Sedangkan cara menabung di Bank Mandiri sendiri sangat mudah. Anda bisa langsung datang ke kantor cabang mandiri terdekat untuk menyetorkan uang yang ingin ditabung. Atau Anda bisa memanfaatkan mesin CDM untuk melakukan transaksi transfer tunai yang ditujukan ke rekening tabungan Anda sendiri. Alternatif yang terakhir ini jelas lebih mudah dan praktis, sehingga Anda tidak perlu repot-repot ke teller pada saat jam kerja. Apalagi Anda juga masih bisa melakukan setor tunai meskipun jam operasional bank sudah berakhir/