Jul 17, 2019 @ 14:25
Bitcoin

Ini Dia Cara Menambang Bitcoin dengan Laptop!

Ini Dia Cara Menambang Bitcoin dengan Laptop!
47Views

Kepopuleran mata uang Bitcoin sudah sangat mendunia. Dan Indonesia pun tak luput dari popularitas mata uang virtual atau cryptocurrency yang satu ini. Meski demikian, butuh investasi yang tidak sedikit untuk terjun di dunia Bitcoin, termasuk dalam membangun alat untuk menambang Bitcoin maupun menambang dengan cloud mining. Meski demikian, masih ada alternatif yang lebih mudah dan terjangkau, sehingga cocok bagi Anda yang masih pemula.

Berikut ini ulasan ringkas cara menambang Bitcoin dengan laptop bagi pemula!

Cara Menambang Bitcoin Menggunakan Laptop

Perlu Anda ketahui lebih dulu bahwa menambang Bitcoin dengan laptop sudah sangat jarang dilakukan, bahkan mungkin sudah tidak ada lagi yang melakukannya. Hal ini dikarenakan para trader sudah membangun mining rig mereka sendiri agar hasil keuntungan yang mereka peroleh pun maksimal. Sementara itu, jika Anda ingin tetap mencoba cara menambang Bitcoin dengan laptop, maka ingat bahwa kesabaran adalah kuncinya.

Mereka yang masih menjajal cara menambang Bitcoin dengan laptop umumnya menambah kecepatan perangkat mereka dengan menggunakan alat seperti Docking VCA External untuk menghubungkan laptop ke VGA card dengan mencabut kartu Wi-Fi, lantas menggantinya dengan kabel PCle yang akan menghubungkan perangkat ke VGA.

Cara lainnya adalah dengan menggunakan software atau pool berbasis website. Sedangkan pilihan yang paling banyak dimanfaatkan oleh para pemula yang ingin mencoba cara menambang Bitcoin dengan laptop adalah Minergate. Di sini, Anda pun masih tetap bisa menambang Bitcoin tanpa harus kehilangan hash rate atau kecepatan dalam menambang Bitcoin. Oh iya, perlu diingat juga bahwa Bitcoin bukanlah satu-satunya cryptocurrency yang ada, ya. Anda juga bisa menemukan zcas, ethereum, dogecoin, dan monero, yang juga bisa Anda tambang dengan menggunakan Minergate.

Lantas, bagaimana caranya menambang Bitcoin menggunakan Minergate?

Cara Menambang Bitcoin Lewat Minergate di Laptop

Minergate adalah sebuah situs penyedia pool yang dapat Anda gunakan untuk menambang cryptocurrency, termasuk Bitcoin. Caranya adalah dengan cara mengontrak GH/s atau solo pool. Dan untuk melakukan penambangan, Anda membutuhkan software yang juga sudah tersedia di situs Minergate secara Cuma-Cuma, alias gratis.

Berikut ini adalah langkah-langkah cara menambang Bitcoin dengan laptop lewat software Minergate:

  1. Daftarkan diri Anda di situs resmi Minergate.

  2. Unduk software Minergate, pilih yang sesuai dengan versi Windows yang dijalankan oleh laptop Anda, apakah 32bit atau 64bit.

  3. Pasang atau install software yang sudah diunduh di laptop Anda, lalu masukkan kembali email yang Anda daftarkan di situs Minergate. Penambangan pun akan segera berjalan dengan sendirinya setiap kali laptop Anda yang terhubung ke internet dibuka.

Pada dasarnya, menambang Bitcoin di Minergate sangatlah mudah. Sebab, Anda hanya perlu melakukan registrasi, dan akun Anda pun sudah bisa segera digunakan pada perangkat apapun serta di manapun Anda berada. Dan jika Anda memiliki 3 laptop di rumah, Anda pun bisa langsung menggunakan program serupa agar perolehan yang Anda dapatkan pun lebih cepat. Apalagi ada juga aplikasi untuk menambang Bitcoin berbasis web untuk digunakan di smartphone agar Anda juga bisa sekaligus memantau perolehan Anda kapan saja dan di mana saja.

Kemudahan lainnya yang dapat Anda rasakan adalah bahwa Anda tidak perlu online terus-terusan selama 24 jam full, baik itu dari laptop atau smartphone. Jadi, Anda masih tetap dapat melakukan aktivitas Anda seperti biasanya, bahkan mematikan laptop ketika Anda sedang tidak menggunakannya untuk bekerja.