Aug 20, 2019 @ 22:28
Saham

Membedakan Cara Investasi Saham Jangka Panjang dan Jangka Pendek

Membedakan Cara Investasi Saham
61Views

Pada dasarnya investasi saham dilakukan untuk mendapat keuntungan tambahan dari uang yang Anda miliki. Hal ini berbeda dari menabung yang hanya bergantung pada bunga. Investasi memiliki tingkat keuntungan yang tinggi karena memiliki resiko.

Walaupun memiliki resiko, tingkatannya berbeda tergantung bentuk investasi yang Anda lakukan. Cara investasi saham yang baik tentu diawali dengan memutuskan teknik yang pas. Teknik investasi ini bisa dibagi dua, yaitu investasi jangka panjang dan investasi jangka pendek.

Investasi Jangka Pendek

Cara investasi saham jangka pendek sebetulnya mirip dengan jangka panjang. Hal yang membedakan investasi ini adalah tingkat keaktifan Anda dalam mengelola dana investasi. Pengelolaan ini berhubungan dengan jual beli saham atau lebih dikenal dengan istilah trading.

Trading memastikan perputaran saham bisa menghasilkan keuntungan dengan cepat tanpa bergantung pada tingkat suku bunga. Dalam proses trading ini, Anda diharapkan selalu mengawasi kondisi pasar saham. Saat harga saham murah dan memiliki potensi naik, Anda bisa memutuskan beli. Jika sudah tinggi harganya, Anda bisa menentukan untuk menjual saat itu juga atau menunggu agar harga kembali melambung lebih tinggi.

Hal ini tentu memiliki resiko jika Anda tidak berpengalaman membaca pasar. Semisal harga saham yang Anda miliki sedang tinggi, Anda tergiur harga ini dan menjual saham tersebut. Ternyata setelah menjual sahamnya, Anda melihat nilai saham tadi melonjak jadi lebih tinggi. Di dunia investasi jangka pendek, hal ini bisa dikatakan merugi. Anda rugi karena tidak mendapatkan harga yang lebih baik akibat menjual saham terlalu cepat.

Untuk keperluan cara investasi saham ini, Anda wajib belajar tentang data, trend dan reaksi pasar. Selama Anda bisa membaca apakah nilai saham akan naik atau turun, Anda bisa mendapat untung besar. Jika Anda malas dan membiarkan pasar menentukan pilihan jual atau beli saham, Anda bisa saja merugi atau bahkan bankrupt.

Investasi Jangka Panjang

Cara investasi saham jangka panjang lebih sesuai untuk dilakukan oleh pemula. Keuntungan yang didapat dari investasi ini berasal dari return saham yang datang tiap tahunnya. Return saham yang Anda beli akan selalu bergantung pada tingkat suku bunga.

Banyak orang lebih memilih cara investasi saham ini karena resikonya relatif lebih kecil dibandingkan investasi jangka pendek. Anda cukup membeli saham dan menyetor investasi secara rutin saja. Selama perusahaan yang sahamnya Anda beli masih berdiri, Anda akan mendapatkan bunga setiap tahunnya.

Walau relatif rendah resikonya, keamanan investasi jangka panjang tidak sebagus deposito. Anda tetap harus memperhatikan kondisi perusahaan. Jika trend nilai saham perusahaan menurun dari tahun ke tahun, perusahaan tersebut bisa dibilang tidak sehat. Sebelum perusahaan tersebut bankrupt, Anda tentu harus segera menjual sahamnya. Jika perusahaan tutup dan saham Anda masih ada di situ, uang investasi Anda bisa lenyap.

Kesimpulan

Cara investasi saham jangka pendek maupun panjang tetap dapat menghasilkan keuntungan. Walaupun begitu keuntungan yang didapat, datang dengan kecepatan yang berbeda. Untuk investasi jangka pendek, keuntungan dapat dinikmati dalam waktu beberapa bulan ataupun bahkan dalam waktu satu hari.

Sedangkan keuntungan investasi jangka panjang harus ditunggu selama minimal setahun untuk dapat dinikmati.

Pilihan investasi yang cocok untuk Anda tentu akan berbeda. Jika Anda ingin menjadi cepat sukses, Anda mungkin bisa pilih jual beli saham dengan cara investasi jangka pendek. Untuk yang ingin jalur yang lebih aman, Anda bisa pilih investasi jangka panjang.