Aug 20, 2019 @ 22:48
Uang

Panduan Untuk Pemula, Cara Membuat Blog Gratis dan Menghasilkan Uang Tambahan

30Views

Membuat Blog Komersial Gratis

Bagaimana cara membuat blog gratis dan menghasilkan uang? Sebelumnya, blog atau web blog adalah sebuah laman web yang berisi bermacam unggahan. Unggahan yang dimaksud bisa berupa teks artikel, audio, atau video. Dimana unggahan di blog biasanya diurutkan secara runtut yang membuat unggahan baru berada di posisi paling atas. Meski peraturan ini sekarang tidak lagi mutlak karena bisa diatur sesuai kebutuhan seperti blog bergaya magazine misalnya.

Cara membuat blog gratis cukup simpel bisa dipelajari secara mandiri. Para pemula tidak perlu khawatir karena dalam hal ini ada beberapa platform blog gratis yang bisa dipilih. Seperti Blogger.com, WordPress.com atau WordPress.org yang memberi panduan pembuatan blog baru secara bertahap. Sebagai pemula Anda bisa mencoba membuat blog gratis sendiri menggunakan Blogger.com mengikuti beberapa langkah berikut ini:

  1. Langkah pertama bisa Anda mulai dengan membuka situs Blogger.com.

  2. Lanjutkan dengan memilih menu Create Your Blog dan memasukkan alamat email yang Anda miliki.

  3. Pada tahap ketiga Anda bisa memilih profil menggunakan Blogger Profile ataupun Google+ jika punya, namun akun Google+ lebih direkomendasikan.

  4. Selesai membuat profil, secara otomatis Anda akan diarahkan ke halaman selanjutnya, lanjutkan dengan memilih menu Continue to Blogger.

  5. Pilih opsi Create New Blog di halaman paling bawah.

  6. Masukkan judul blog, alamat blog, lanjutkan dengan mengatur setting template sesuai selera.

  7. Terakhir klik create blog dan blog baru Anda sudah siap digunakan.

Setelah selesai membuat blog baru, tugas Anda baru dimulai. Anda harus bisa membuat tampilan blog semenarik mungkin. Adapun blog Anda perlu diisi dengan postingan bermanfaat seperti artikel yang dibutuhkan banyak netizen. Pastikan postingan orisinil bukan hasil menjiplak yang tentu hal tersebut malah bisa berdampak buruk bagi masa depan blog Anda. Lantas, bagaimana cara membuat blog Anda bisa menghasilkan uang?

Membuat Blog yang Menghasilkan Uang

Cara membuat blog gratis dan menghasilkan uang bisa dipelajari sendiri. Salah satunya dengan menggunakan Google Adsense. Bila sebelumnya Anda mendaftar Blogger menggunakan akun Google, maka hal tersebut akan memudahkan upaya Anda mendaftar ke Google Adsense. Dalam hal ini Anda hanya perlu melihat dashboard blog lalu mencari menu Earning. Menu tersebut biasanya berada di sebelah kiri atas.

Klik menu Earning lalu dilanjutkan dengan memilih How To Qualify for Adsense. Selanjutnya secara otomatis Anda akan mendapat arahan mengenai syarat-syarat mendapat Google Adsense. Salah satu syaratnya yaitu artikel yang diunggah di blog sudah banyak. Mengetahui hal ini sebaiknya sebelum mendaftar Anda harus membuat dan mempublish sejumlah artikel, minimal 10 artikel.

Blog komersil yang ampuh menghasilkan uang adalah blog dengan tema atau niche tertentu. Seperti blog wisata, kesehatan, kecantikan, atau lainnya. Beberapa niche populer didapati memiliki dampak positif dalam upaya panen uang dari Google Adsense. Akan tetapi, jangan tergoda untuk membuat blog dengan niche populer.

Sebagai pemula, utamakan membuat blog dengan niche yang kemampuan dan apa yang Anda kuasai. Hal ini agar Anda giat mengisi blog dengan konten berbobot. Jika didasari rasa suka tentunya tidak ada tekanan untuk menulis konten. Sehingga Anda bisa membuat konten yang bernilai manfaat, orisinil, dan menarik yang mana mampu mengundang calon pembaca. Demikian cara membuat blog gratis dan menghasilkan uang, selamat mencoba dan semoga sukses!